13 November 2016

Cara Mengembangkan Strategi Online Digital Marketing Bagi UMKM

Ketika kita sudah memilih jalan bisnis mana yang akan kita dalami, kita tidak dapat langsung mengerti apakah peminat brand atau kualitas yang kita tawarkan dapat memuaskan konsumen, dan pasti suatu saat kita bakal dituntut untuk berinovasi. Saat dalam masa pengembangan usaha, inovasilah yang benar-benar mendorong kita agar bisnis yang kita jalankan dapat segera cepat dikenal konsumen.  Demikian pula kepada bisnis yang sudah berjalan di skala besar, inovasilah yang harus terus diasah di perbaharui agar bisnis yang kita jalani bisa terus berada diposisi depan.

Dalam hal ini kita akan kaitkan pembahasan dengan inovasi merupakan hal penting bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM yang ada di negara kita ini. Mereka harus dan memang wajib melakukan pemasaran melalui digital marketing.

Cara Mengembangkan Strategi Online Digital Marketing Bagi UMKM
Pentingnya Online Digital Marketing Bagi UMKM

Menurut sumber yang diperoleh General Manager Ralali.com yang dikutip dari maxmanroe.com, Irwan Suryady, beliau menyatakan bahwa dalam digital marketing itu merupakan salah satu hal perkembangan teknologi yang disarankan sebagai cara memasarkan brand maupun produk dari pelaku UMKM. Apabila semua sudah dikaitkan serta bisa diakses melalui online, para pelaku usaha kecil menengah wajib untuk mengambil peluang tersebut dan bagaimana cara menghasilkan  keuntungan melalui dunia maya.

Manfaat digital marketing memang tidak secara langsung berkaitan finansial. Akan tetapi banyak sekali profit yang akan didapatkan juga seperti contoh brand awareness juga dapat dimenangkan dalam persaingan global dengan bisnis yang lain.

Dalam penyampaiannya Irwan menyatakan bahwa setidaknya akan ada 3 hal yang dapat diperhatikan oleh para pelaku bisnis UMKM saat mengembangkan Online strategi Digital marketing.
 
1. Membangun Bisnis Yang Sesuai Passion atau yang diminati

Untuk para penggelut dunia online pasti sudah sangat paham bahwa apa saja hal yang menyangkut bisnis yang ingin dibesarkan melalui fasilitas internet. Singkatnya yaitu apa saja yang ingin dikenalkan dan itulah sebagai tombaknya yang ingin ditenarkan dalam dunia maya.

Untuk para pelaku UMKM ada 2 hal utama yang wajib dipenuhi yang pertama adalah memiliki manfaat serta mampu mengambil hati para pembaca. Dan biasanya 2 hal tersebut sudah dapat menjalankan Online digital marketing begitu maksimal.

Tak jarang agar lebih cepat dalam mencapai tujuannya mereka menerapkan cara search engine optimization(#SEO). Memang hal itu benar adanya, akan tetapi harus menekuni sesuaikan kemampuan yang dimiliki dan harus sesuai target utamanya.



2. Memiliki Target Yang Jelas

Memang ini hal paling riskan apabila tidak dipikirkan secara matang dan hal inilah yang akan menentukan sukses tidaknya saat menggunakan Online digital marketing. Sebelum mengembangkan ke ranah lain inilah tentu yang justru bersifat teknis misal membuat akun #sosial media , akan lebih tertarget lagi apabila pelaku UMKM bersedia membuat daftar atau manajemen apa saja tujuan bisnis yang ingin dicapai.

Tujuan pemanfaatan Online digital marketing:
a. Promosi untuk meningkatkan para pengguna memperoleh cakupan wilayah secara luas.
b. Strategi apa saja untuk mencapai tujuannya.

Apabila semakin banyak kita bisa mempromosikan dan memenuhi keperluan dan kemungkinan konsumen, maka pasti semakin menjadi lebih baik nanti hasil strateginya didalam Online digital marketing yang ditargetkan.

3. Memanfaatkan Sistem Marketplace Online Yang Ada

Irwan Suryady membagikan tips penting juga dalam hal memanfaatkan sistem marketplace online. Dengan adanya marketplace kita dapat bergabung didalamnya serta apa saja yang sering diminati oleh para konsumen.

Marketplace online merupakan platform online dipihak ketiga yang memfasilitasi untuk para penggunanya dalam hal memperkenalkan apa saja bisnis yang diperjual-belikan secara langsung. Manfaat menggunakan marketplace adalah agar kita tidak repot mengatur ulang sendiri, jadi sudah di sediakan secara otomatis dan diperkenalkan kepada calon pembeli.

Dinegara kita ini sudah lumayan banyak marketplace online yang menyediakan daftar produk maupun jasa yang sudah tersedia dan ditawarkan. Sehingga siapapun sudah dapat memilih apa saja yang ingin dicari sesuai bisnis UMKM yang dimilikinya.

1 komentar: