17 November 2016

10 Cara Ampuh Menghadapi Frustasi

Akan kami ingatkan kepada anda kembali agar tidak seutuhnya salah dalam mengartikan frutasi lebih detail lagi untuk memahami apa itu Frustasi, orang frustasi karena cinta, tanda orang frustasi, dampak frustasi, ada pula nanti contoh makalah frustasi, cara mengatasi frustasi, gejala frustasi, penyebab frustasi dalam psikologi, dan lain-lain.

Untuk itu kami buka dengan pengertian frustasi menurut para ahli, Ok sebenarnya Frustrasi itu berasal dari bahasa Latin yaitu frustratio, artinya perasaan kecewa maupun jengkel akibat terhalang dalam pencapaian tujuan. Frustasi bisa diartikan juga sebagai keadaan dalam terhambatnya mencapai suatu tujuan (Markam,2003).

Pengertian Frustasi Secara Umum
Frustasi adalah suatu harapan yang diinginkan dan kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya putus pacar, perceraian, masalah kantor, masalah sekolah atau masalah yang tidak kunjung selesai. Frustasi inipun terjadi juga bila tujuan yang dicapai mendapatkan rintangan.
Banyak yang menyebutkan bahwa yang benar adalah frustrasi bukan frustasi. Untuk hal ini kami belum mendapatkan secara pasti dari ajli bahasa Indonesia untuk kebenaran tersebut, namun akan kami usahakan untuk mencari kebenarannya. Nah, diartikel kali ini kami sengaja memberikan artikel 10 Cara Menghadapi Frustasi, dan dibawah ini adalah ringkasannya:

1. Melakukan Aktifitas Olahraga
Apabila sedang menderita seperti mengalami stress, ada baiknya segera melakukan suatu kegiatan yang menyehatkan. seperti berolahraga joging maupun jalan sehat. Hal ini dapat membantu menghilangkan stres.

2. Yoga Atau meditasi
Aktivitas yoga dan meditasi mampu untuk merubah badan kita menjadi rileks dan nyaman ditubuh. Cara ampuh menghilangkan Frustasi maupun stress dengan melakukan yoga serta meditasi itu dapat membuat badan serta pikiran menjadi tenang. Usahakan melakukan meditasi di tempat sejuk dan  sepi. atur dan tarik nafas mendalam selama saat yoga dan meditasi.

3. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik akan membantu menghilangkan frustasi dan stress. Jadi apabila anda merasakan stres, maka lebih mencoba mendengarkan musik favorit, Dengan cara ini kemungkinan besar suasana hati akan lebih bahagia serta membantu mengurangi beban dari kelelahan maupun tekanan hidup sehingga terjadi stres.

4. Berjalan-jalan
Ambilah waktu stirahat sejenak jangan memikirkan apa yang telah terjadi maka itulah yang menyebabkan anda frustasi. Ambil dan mulai melangkah contohnya berjalan-jalan mungkin pikiran kita dapat lebih jernih setelah kita memutuskan untuk kembali dan mengatasi masalah maupun situasi yang dihadapi.

5. Aturlah nafasmu dengan baik apabila emosi rasanya menguasai diri. Biarkanlah pemenuhan oksigen yang cukup membuat diri kita bisa berpikir positif.

6. Renungkanlah baik-baik apabila orang disekitarmu tahu bahwa kita lagi sedang marah. Pasti merasa tidak enak. membuat badmood. Mari buang rasa mudah marah kita.


7. Menerima kenyataan
Kita perlu tahu juga realita yang baru kita hadapi. Apabila kita sudah melakukan segalanya yang kita mampu untuk mencapai sesuatu, dan jika belum berhasil, maka kita harus mencoba untuk menerima kenyataan tersebut. Apa yang sekiranya kita lakukan di situasi seperti ini adalah menulis daftar positif dan negatif, lalu lihatlah apa yang dapat dipelajari dari hal-hal tersebut.

8. Berlatih Memahami Suatu Hal
Marah itu dapat terjadi apabila kita tidak paham terhadap apa yang sedang terjadi. untuk itu coba kita pahami dahulu sedikit demi sedikit tentang apa yang salah. akan tetapi cobalah untuk berfikir juga ke arah menuju solusi. Jadi membesarkan pemahaman terlebih dahulu sebelum solusi.

9. Menulis keberhasilan dan kegagalan anda dalam jurnal
Tulislah seperti membuat sebuah jurnal online atau menggunakan pena dan kertas, mencatat aktivitas-aktivitas yang kita rasa menghalangi kita adalah suatu hal yang selalu bisa membantu. Dengan cara itu, kita dapat menganalisa apa yang berjalan baik untuk kita dan apa yang kurang baik.

10. Diskusi dengan teman
Ini suatu hal yang positif untuk berbicara dengan orang lain dari apa saja yang mengganggu kita. mungkin tidak secara penuh kita ceritakan, akan tetapi intinya di sini adalah bagaimana caranya berbagi perasaan dengan seseorang bukan hanya memendam mereka untuk diri kita sendiri. Bisa jadi, teman kita memiliki solusi yang dapat membantu kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar