12 September 2014

Peluang Usaha Waralaba Indomaret Beromset Besar

Peluang Usaha Waralaba Indomaret Beromset Besar
Franchise Indomaret - Bakal lakukan ekspansi minimarket ke lokasi sisi timur Indonesia pada th. depan, menyusul banyak investor di daerah itu yang berkemauan jadi penerima waralaba toko modem taraf paling kecil itu. 

Direktur Pemasaran Indomaret Laurensius Tirta Widjaja mengungkap tujuan pembukaan gerai pada th. depan sejumlah 700-800 unit, atau sama juga dengan jumlah di Jawa, Bali, Lampung, Medan, serta Palembang ekspansi pada th. ini. " Pada 2010 kami bakal lakukan ekspansi ke Indonesia Timur, diawali dari Makassar, " kata Laurensius di sela-sela perhelatan Grand Final Festival Vocal Grup Indomaret 2009, di Balai Sarbini, Selasa malam. Sesudah Makassar, tuturnya, Indomaret bakal merambah lokasi lain dibagian timur Indonesia, mengingat besarnya prospek ritel minimarket disana. 

Kesempatan ini didasari tingkah laku berbelanja customer di lokasi itu yang semakin moderen, dibarengi penambahan daya beli orang-orang, terlebih di daerah penghasil kakao serta kelapa sawit yang akhir-akhir ini trend harga nya lebih baik. " Kami optimistis untuk meraih tujuan th. depan, " tutur Laurensius. Sekarang ini jaringan Indomaret meliputi 3. 785 toko, yang 43% salah satunya atau sejumlah 1. 750 toko di bangun berbarengan dengan terwaralaba. Besaran investasi satu gerai Indomaret sekitar Rp250 juta-Rp 300 juta, tak termasuk juga bangunan atau sewa tempat. " Kami membidik dapat memperoleh toko waralaba sejumlah 50%, " tutur Laurensius. 

Lomba group vokal Disamping itu, th. ini Indomaret sukses mengadakan perhelatan satu tahun sekalinya yang kedelapan kali, yakni Festival Vocal Grup Indomaret yang diikuti finalis dari beberapa daerah. 
Laurensius menginginkan prinsip Indomaret untuk mengadakan arena bakat memproses nada itu dapat selalu di gelar. Di samping dapat menyangga citra Indomaret, aktivitas itu bakal mendorong perkembangan olah vokal grup gabungan nada. 

" Terlebih kami cermati dalam 5 th. paling akhir ini tak ada yang mendorong vocal grup. Walau sebenarnya ini talenta. Vocal grup ini sesuai sama kultur usaha kami yang memprioritaskan kebersamaan baik dengan penyuplai ataupun investor, " tuturnya. Terkecuali merekam pemenang kelompok group vokal anak-anak, remaja, serta dewasa berbentuk kaset serta compact disk yang di jual di gerai Indomaret, Laurensius menyampaikan satu tim pemenang bakal diikutkan landing di World Choir Games di Shanghai pada th. depan, dengan pendamping Elfa Sedona. Kesempatan ini didasari tingkah laku berbelanja customer di lokasi itu yang semakin moderen, dibarengi penambahan daya beli orang-orang, terlebih di daerah penghasil kakao serta kelapa sawit yang akhir-akhir ini trend harga nya lebih baik. Terkecuali merekam pemenang kelompok group vokal anak-anak, remaja, serta dewasa berbentuk kaset serta compact disk yang di jual di gerai Indomaret, Laurensius menyampaikan satu tim pemenang bakal diikutkan landing di World Choir Games di Shanghai pada th. depan, dengan pendamping Elfa Sedona. 

PROFIT/KEUNTUNGAN WARALABA INDOMARET 
* Transformasi Pengetahuan 
Berhimpun dengan Indomaret, bakal banyak didapat pengetahuan usaha toko moderen serta sekalian meletakkan Anda juga sebagai pebisnis. 
* Potensi Pasar 
Pertolongan survey tempat dari Indomaret bakal memperkaya wawasan tentang potensi serta strategis tidaknya satu lokasi 
* Tak full time 
Support system operasional toko yang terintegrasi, bikin beberapa investor tak perlu ikut serta dengan cara full time dalam operasional toko maupun meninggalkan pekerjaan pada awal mulanya. 
* Kesempatan Berkembang 
Investor bisa mempunyai kian lebih 1 (satu) unit toko dengan tingkat aktivitas yang sama serta bisa ditata. 
* Minimalisasi Resiko 
Rencana masak, mulai survey tempat s/d pembukaan toko, kecepatan distribusi serta kelengkapan barang dagangan, dan support manajemen toko yang solid bakal menolong investor dalam menghimpit resiko kerugian. 

Cara Membeli Waralaba INDOMARET 
Bila Anda mengambil keputusan untuk beli hak waralaba Indomaret, langkah awal yang perlu dipenuhi yaitu : 
1. Warga Negara Indonesia 
2. Sediakan ruangan usaha ukuran 120-150 m2 (punya sendiri/sewa) 
3. Mempunyai NPWP serta PKP, dan kelengkapan perijinan lainnya 
4. Investasi peralatan toko serta cost waralaba 

Indomaret bakal menolong Anda dalam mempersiapkan pengelolaan toko dalam soal : 
1. Survey kelayakan tempat usaha serta pertolongan mencari lokasi 
2. Rencana biaya biaya 
3. Studi kelayakan investasi 
4. Tata ruangan serta rencana toko 
5. Pengurusan ijin usaha serta NPWP 
6. Renovasi ruangan usaha 
7. Pembelian peralatan toko 
8. Seleksi serta kursus karyawan 
9. Standard kerja serta system penggajian karyawan 
10. Paket system operasional toko serta administrasi keuangan 
11. Seleksi serta credit barang dagangan tanpa ada bunga serta tanpa ada jaminan 
12. Program promosi penjualan 

Ada 2 pola kerja sama waralaba, 
I. Tak mempunyai tempat usaha 
Bila Anda tak mempunyai tempat usaha, Indomaret tawarkan 2 pilihan kerja sama. 
1. Usulan tempat toko baru. 
Indomaret tawarkan tempat yang sudah disurvey dibarengi rencana masak, dari mulai design layout toko, estimasi investasi, pendapatan, pengeluaran serta payback period. 
2. Take over kepemilikan. 
Indomaret tawarkan toko punya sendiri, yang telah teruji serta untungkan. System ini relatif lebih safe tetapi nilai investasinya lebih tinggi di banding dengan buka toko baru lantaran ada cost toko, mulai sejak di buka sampai meraih keadaan mapan. 

Unsur cost yang disebut satu paket harga itu yakni : 
1. Franchise fee untuk 5 th 
2. Peralatan toko serta gudang 
3. Sewa tempat sepanjang 5 thn 
4. Perijinan 
5. Goodwill 

Penjualan toko Indomaret mempunyai persyaratan yang mempunyai tujuan memberi nilai keuntungan serta kepastian berinvestasi dengan gampang. 
Persyaratan toko Take over yaitu : 
1. Track record sudah teruji 
2. Eksistensi toko diterima 
3. Perijinan toko sudah komplit 

II. Mempunyai tempat usaha 
Jika Anda sudah mempunyai tempat usaha, Indomaret tawarkan kerja sama juga sebagai berikut 
1. Ruangan usaha/rumah/tanah. 
Prosedur kerjanya sama juga dengan “Usulan tempat toko baru”. Indomaret lebih dahulu lakukan survey kelayakan tempat yang anda usulkan, dari mulai potensi lokasi, peruntukan bangunan serta perijinan, rencana layout toko s/d estimasi payback period-nya. Bila seluruhnya dinilai layak, kerja sama bisa dikerjakan. Walau demikian bila tak atau ada masalah lain, Indomaret bakal merekomendasikan untuk mencari tempat yang lain. 
2. Minimarket existing. 
Apabila anda mempunyai toko yang kurang berkembang serta mau mengembangkannya, bisa berhimpun dengan Indomaret. Prosedur standarnya sama, dari mulai survey kelayakan tempat s/d estimasi payback period. Perlakuan yang membedakannya yaitu dalam mengkalkulasi investasi perlengkapan toko. bila perlengkapan toko itu sesuai sama standard Indomaret jadi investasinya lebih murah. Tetapi bila tak sesuai sama standard Indomaret, perlengkapan itu mesti ditukar baru. 

BIAYA FRANCHISE 
Rp 36. 000. 000 (+PPN) 
BIAYA INVESTASI 
Rp 300. 000. 000 – Rp 350. 000. 000 
(Franchise Fee, Perijinan, Pembelian, Peralatan Elektronik serta Non elektronik) 

BIAYA ROYALTI 
Persentase Penjualan Bersih 
Rp 0 – Rp. 175. 000. 000 - 0 % 
Rp 175. 000. 000 – 200. 000. 000 - 2 % 
Rp 200. 000. 000 – 225. 000. 000 - 3 % 
Rp 225. 000. 000 - 4 persen

Bagian Kerjasama 
1. Presentasi pertama 
Agar presentasi jalan lebih efisien serta dapat segera ditindak-lanjuti, untuk terwaralaba yang telah mempunyai usulan tempat tempat usaha baiknya membawa foto copy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, serta (bila telah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, dan denah tempat. Pada presentasi pertama ini bakal diterangkan dengan detail mekanisme hubungan kerja, besarnya investasi, system operasional toko, system pembagian keuntungan, serta system pelaporan. 
2. Presentasi kedua 
Pada presentasi ke-2 bakal di uraikan hasil survey kelayakan serta Gagasan Biaya Berbelanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. Umumnya pada presentasi ke-2 ini dilanjutkan dengan penandatanganan MOU (Nota Perjanjian) yang meliputi butir-butir pembagian pekerjaan pada pihak Indomaret dengan investor dalam menyiapkan pembukaan toko, dari mulai pengurusan perijinan, renovasi bangunan, pembelian perlengkapan toko, seleksi serta training karyawan, dan term pembayaran. 
3. Pembukaan Toko 
Sesudah seluruhnya item perjanjian direalisasikan, jadi toko siap di buka dengan program promosi yang diputuskan Indomaret. Selekasnya sesudah toko buka, bakal di tandatangani Surat Kesepakatan Waralaba untuk periode waktu 5 th.. 

ANCAMAN UNTUK USAHA INDOMARET 

Sekarang ini sangat banyak merk product yang beredar di pasar. Merk apa yang bakal diambil atau lebih disenangi bakal ditetapkan oleh bagaimanakah sikap customer atas berbagai macam merk. Sistem ini umumnya berlangsung sesudah lewat prosedur pelajari atribut. Dengan kata lain, umumnya konsumen memperhitungkan sebagian atribut dalam ketentuan pembelian mereka. 
Pada intinya customer mempunyai sikap yang berlainan dalam melihat atribut-atribut yang dikira relevan serta utama. Mereka bakal memberi perhatian paling besar pada atribut yang memberi faedah yang dicarinya. Dalam perjalanannya, perhatian pada atribut itu berkembang jadi kepercayaan. Setelah itu, himpunan dari keyakinan-keyakinan itu membuat citra merk yang berlainan. Ketidaksamaan ini karena ketidaksamaan pengalaman customer yang disebabkan oleh sistem penyaringan juga sebagai efek dari persepsi selektif, distorsi selektif, serta ingatan selektif. 

Karenanya, bila pemasar tahu bobot yang didapatkan customer semasing atribut yang di tawarkan satu merk, pemasar bisa meramalkan merk yang bakal diambil oleh customer. Customer value adalah deskripsi dari atribut seperti harga, service, serta parameter lain yang dirasa customer. Juga emotional value yang dapat mendorong nilai performance product yang dirasa oleh customer. Dengan demikian customer value adalah deskripsi keseluruhnya dari kerangka kiat yang digerakkan oleh perusahaan. 
Dalam hubungannya dengan minimart, seperti di ketahui, persaingan pada Indomaret serta Alfamart sekarang ini demikian ketat. Semasing berupaya memperoleh tempat yang strategis hingga tidak tidak sering mereka ada di satu tempat yang cuma dipisahkan oleh jalan jalan raya. Mereka juga berlomba menghadiahkan serta harga terjangkau. Logikanya apabila satu diantara dari minimart itu tawarkan atribut – umpamanya harga terjangkau -- yang lebih tinggi, tentu customer bakal pilih satu diantara minimarket itu. Kenyataannya, dua-duanya masih tetap bertahan walau di satu tempat. 

Untuk tersebut, riset ini coba lihat atribut yang dikira utama oleh customer dalam memastikan pilihan minimarket. Riset ini mengambil 30 responden yang menyebar di lokasi-lokasi di Jakarta di mana ada dua minimarket - dalam soal ini Indomaret serta Alfamart – di tempat berdekatan. Responden yang diambil yaitu customer yang pernah belanja di minimarket serta ada di kelas B ke atas. Wawancara dikerjakan dengan telephone dengan penentuan responden memakai panduan buku telephone. 
Tabel : Persepsi Nilai Minimart (n=30) 
ATRIBUT Tingkat INDOMARET ALFAMART 
Kebutuhan (persen) Performance Value Performance Value 
1 Harga terjangkau yang di tawarkan 26, 8 6, 93 1, 86 6, 47 1, 73 
2 Hadiah yang di tawarkan 10 6, 23 0, 62 6, 77 0, 68 
3 Tempat 18, 3 7 1, 23 7, 2 1, 32 
4 Keragaman product 14, 8 6, 87 1, 02 6, 8 1, 01 
5 Kecepatan service 9, 7 6, 6 0, 64 6, 6 0, 64 
6 Situasi outlet 6, 8 6, 5 0, 44 6, 83 0, 46 
7 Merk outlet 3, 7 6, 4 0, 24 6, 2 0, 23 
8 Parkir gratis 4, 3 5, 33 0, 23 5, 37 0, 23 
9 Luas outlet 5, 3 5, 8 0, 31 6, 03 0, 32 
10 Keramahan service 0, 3 3, 33 0, 01 2, 33 0, 01 
100 6, 6 6, 63 

Dari riset ini di ketahui bahwa walau paling besar tetapi atribut harga terjangkau (26, 8%) bukanlah segala-galanya untuk customer. Ada aspek lain seperti tempat (18, 3%) keragaman product (14, 8%) dsb. (Komplitnya saksikan Tabel 1). Yang menarik yaitu dalam service, kecepatan service tambah lebih utama daripada keramahan. Diluar itu, merk outlet – apakah Indomaret atau Alfamart – untuk customer tidaklah utama. Ini tunjukkan bahwa kesetiaan customer pada satu merk minimarket sangat rendah. Kesetiaan ditaklukkan oleh hadiah atau harga mura yang di tawarkan. 

Dipandang dari merk minimarket yang memberi value keseluruhan semakin besar, Alfamart memberi value yang semakin besar dari Indomaret. Indomaret cuma unggul pada harga yang dipersepsikan lebih murah daripada Alfamart, macam product lebih luas, serta merk outlet. Ini tunjukkan bahwa sejatinya, Alfamart berpeluang untuk mengungguli Indomaret. Dngan kata lain, apabila harga yang dibanderol Alfamart dapat lebih murah dari Indomaret jadi Alfamart dapat menaklukkan Indomaret.

1 komentar:

  1. dari dua minimarket tersebut memang sekilas telihatbahwa alfamat lebih unggul dalam hal pelayanan dan rentang produknya...

    BalasHapus