15 Januari 2014

Sukses Dengan Jual Bibit Tanaman Sirsak Ratu

Bibit Tanaman Sirsak Ratu- Dalam dunia ini seakan-akan tidak ada yang tidak mungkin bagi sebagian orang yang tekun dan kreatif. Seperti cerita bibit sirsak sukses kali ini, lumayan sekali bagi seorang petani jika memiliki omset hingga  Rp 25 juta per bulan. Simak kisahnya dibawah ini:


Seorang petani mungkin akan bersemangat jika mendengar dan melihat sukses petani berikut ini, dimulai sejak tahun 2009 beliau melihat ada tanaman sirsak ratu dan berfikir bahwa memiliki peluang besar serta pasar yang luas karena ukuran sirsaknya yang besar dan harga dapat dibilang wajar. jika sirsak yang biasa kita lihat dan kita rasakan harganya kisaran Rp 3 sampai 4 ribu per kg, dan harga sirsak ratu ini Rp 25 ribu per kg ini membuat pria asal Jogja Rony Pranata tertarik untuk memulai usaha sirsak ratu ini.

Rony memberanikan diri Dengan modal sekitar Rp 10 juta untuk sewa lahan, benih, peralatan pertanian dan lain-lain. Awalnya dia membeli benih sirsak ratu ini 3 kg dengan harga Rp 50 ribu per kg dan sewa lahan seluas 1.000 m. Dia bilang tanaman sirsak ratu ini tanaman yang mudah dibudidaya dan tidak memerlukan perhatian khusus. Berkat pengalaman yang cukup panjang dalam bidang agro bisnis, Rony dan timnya mulai mencoba melakukan langkah-langkah nyata percobaan pembibitan. Hingga akhirnya menemukan teknik pembibitan paling tepat bagi sirsak ratu adalah teknik okulasi atau penempelan mata tunas.
Menurut pengusaha muda ini, usaha bibit sirsak lebih potensial dari sisi ekonomi dibanding usaha pembuahan. Untuk menjalankan bisnis buah, Anda memerlukan waktu tahunan untuk bisa panen. Proses pemeliharaannyapun cukup panjang dan membutuhkan lahan yang luas. Untuk sebuah tanaman sirsak ratu saja, memerlukan jarak tanam setidaknya hampir 10 m.

Peminatsirsak ratu ini pun katanya peminatnya sangat banyak karena dapat digunakan sebagai obat. Selain di pasarkan dengan cara di titipkan ke penjual tanaman dia juga jual secara online. Saat ini rata-rata dia bisa jual 2.000 bibit per bulan dengan harga 15.000 per bibit. Artinya dalam satu bulan omset dia sekitar Rp 30 juta, besar juga ya.. Setelah dikurangi biaya pupuk Rp 1,5 juta, pestisida Rp 500 ribu, pegawai Rp 2 juta dan transport Rp 1 juta maka keuntungan dia Rp 25 juta per bulan, ngiler deh. Yang pake kemeja rapi tapi gaji dibawah Rp 25 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar