20 Desember 2013

Peluang Usaha Gas Elpiji

Peluang Usaha Gas Elpiji - Banyaknya konsumsi warga Indonesia akan gas elpiji kini semakin meningkat. Hampir setiap hari para pedagang, restoran, dan ibu rumah sebagai peran utama kebutuhan mereka. Perlu adanya pemasok besar yang berperan sebagai suplaier untuk memenuhi kebutuhan mereka. Nah, dapat dilihat bahwa dari segi kebutuhan yang sangat diperluakan merupakan sebuah peluang yang cukup besar untuk yang belum memiliki ide bisnis/usaha. Dan mari kita bantu perbaiki perekonomian Negara Indonesia ini dengan memperbanyak pebisnis/pengusaha, apapun usaha itu yang terpenting adalah bagaimana cara memajukkan kualitas Negara tercinta ini.
Dengan mahalnya minyak tanah di era sekarang tentu gas elpiji akan selalu dijadikkan kebutuhan yang pertama didalam kebutuhan dapur, maka tidal perlu ragu untuk mecoba usaha ini. Karena agen minyak tanahpun sekarang beralih menjadi agen gas. Dari statistic yang ada disaat sekarang tidak semua agen maupun sub agen kurang merata di suatu wilayah. Ada juga wilayah yang belum memiliki sub agen gas elpiji demikian sehingga mereka perlu membeli ke agen yang jarak tempuhnya cukup jauh. Apakah hal ini juga terjadi di daerah tempat tinggal Anda? Apabila iya, ini sudah dapat dipastikan merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Mari kita ulas bersama tentang usaha menjadi sub agen ini: dari segi sistem penghasilan/pendapatan ini bagi hasil dengan agen yang pertama menyalurkan gas elpiji tersebut.

A.    Memulai Bisnis
Dibawah ini adalah syarat-syarat yang haru dipenuhi dalam memulai Usaha Agen Elpiji:
 Riset tempat-tempat agen gas elpiji yang bisa diajak kerja sama. Lalu bertanya dan cari informasi apakah agen tersebut memberi izin kepada anda untuk bekerjasama untuk menjasi sub-agen.
  Apabila sudah diberi izin, segeralah cari/sediakan tempat yang cukup luas. Usahakan truk pengangkut gas dapat masuk ditempat anda. Dan diharuskan, tempat tersebut bisa menampung gas elpiji dengan ukuran 3 kg berjumlah 200 tabung/ lebih.
     Jika kesepakatan terjadi, berarti Anda telah siap menjadi sub agen. Nah, hal yang harus Anda lakukan kemudian adalah meminta izin usaha pada pengurus RT dan RW setempat sebagai wakil dari masyarakat sekitar. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya antisipasi dari warga jikalau terganggu karena terjadinya kebisingan saat bongkar muat gas, bahkan waspada jika sesuatu terjadi dengan tempat sub agen gas elpiji tersebut.
     Siapkan modal yang cukup sebagai jaminan bahwa agen akan selalu memberikan pasokan gas kepada Anda.
     Perhatikan selalu keamanan dan kenyamanan tempat usaha beserta lingkungan di sekitarnya.

B.     Hambatan Bisnis
Beberapa hambatan yang dapat terjadi dalam menekuni bisnis sub agen gas ini adalah sebagai berikut.
  Lingkungan yang tidak nyaman karena aroma gas, meskipun dari tabung yang telah habis, masih dapat tercium. Hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan dan membahayakan jika ada percikkan api.
     Berkurangnya pasokan dari agen karena pasokan dari pertamina pun berkurang kepada agen.
     Terlambatnya pasokan dari agen karena kendala transportasi.
    Warga masyarakat datang berbondong-bondong ke tempat sub agen saat terjadi kelangkaan pasokan. Mereka mengantri di tempat Anda sambil menunggu datangnya truk pemasok gas dari agen. Hal ini tentu akan menimbulkan suasana yang mencemaskan dan rentan terjadi kerusuhan karena saling berebut gas.

C.     Strategi Bisnis
Berikut beberapa strategi bisnis yang dapat Anda pelajari untuk menjalankan usaha ini.
  Pilihlah lokasi yang strategis dan potensial untuk menyalurkan gas kepada masyarakat.
     Rekrutlah beberapa orang untuk menjadi penyalur gas kepada warung-warung di sekitar atau kepada rumah tangga langsung.
  Lengkapilah tempat usaha Anda dengan sistem pengamanan pagar yang memadai dan cukup tinggi. Hal ini demi keamanan timbunan gas yang ada agar terhindar dari pencurian dan dari tindakan yang dapat membahayakan, misalnya ada percikkan api dari rokok. Berlakukan harga standar sesuai pasaran atau sesuai harga dari agen.

D.    Analisis Bisnis
Berikut adalah contoh analisis bisnis sub agen gas elpiji 3 kg.        
Modal Awal Peralatan:

  • Renovasi tempat usaha                                       Rp             3.000.000,00
  • Pemasangan pagar besi                                      Rp             2.000.000,00
  • Deposit modal ke agen (untuk 300 gas 3 Kg)     Rp             5.000.000,00
  • Promosi (papan usaha)                                       Rp               100.000,00
  • Jumlah                                                                Rp          10.100.000,00


Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 10.100.000,00 - Rp 1.000,00) / 4 = Rp 2.524.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 210.395,00 per bulan.

Perhitungan Laba/(Rugi) per Bulan Pendapatan:
Omzet penjualan ± 300 tabung gas 3 kg
Harga jual gas Rp14.000,00 x 300                  Rp             4.200.000,00

Biaya-biaya:

  • Upah karyawan (penyalur)
  • 3 orang @ Rp300.000,00                               Rp              900.000,00
  • Pembelian gas                                                 Rp            2.000.000,00
  • BBM                                                              Rp               150.000,00
  • Biaya penyusutan peralatan                             Rp                210.395,00
  • Jumlah biaya                                                   Rp             3.260.395,00
  • Laba Bersih                                                    Rp                939.605,00


Terimakasih atas kunjungan anda diartikel Peluang Usaha Gas Elpiji, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar