25 Desember 2013

Inilah Alasan Barang Atau Jasa Anda Tidak Laku

Alasan kenapa barang kita tidak laku – Dalam segi penjualan maupun jasa banyak yang mengeluh ketika tidak mendapatkan apa yang kita  inginkan. Didunia usaha tentunya hal tersebut sudah biasa terjadi. Dan mungkin bisa jadi pelaku usaha gulung tikar. Peluang usaha yang kedengarannya memikat hati untuk dijalani seperti yang sedang booming atau yang baru mungkin menjadi lubang buaya buat anda karena disaat merk/nama sudah menyebar, maka pelanggan akan kurang percaya terhadap hal yang bersifat meniru. Sebelum anda menirunya jadi gunakan cara ATM atau biasa disebut Amati,tiru lalu modifikasi serta buatlah yang berbeda. Suatu keunikan akan membuat orang tergiur mendengar ataupun melihatnya.

Mari kita simak bersama ulasan “Alasan kenapa barang tidak laku” berikut ini:

1. Salah didalam survei pasar barang atau jasa anda
Survei pasar beberapa kali dan lihat apakah mendapat respon yang bagus, apabila dimungkinkan permintaan pasar banyak, mulailah membangun bisnis dengan membuat produk atau jasa yang sekiranya banyak peminatnya atau dibutuhkan oleh target pasar anda. Nah, ini dia Apabila secara perlahan didalam suatu pasar menurun serta akibatnya produk anda gagal di pasaran, maka harus melakukan riset ulang. Sekali anda telah mengidentifikasi pelanggan ideal, sangat penting untuk selalu melakukan beberapa proses pengujian untuk mengetahui peluang usaha serta permintaan potensial secara berkala, waspadai pula agar produk anda tidak terbawa dan mengikuti pola produk trend sesaat.

2. Belumnya mengenal secara menyeluruh siapa target pembeli anda
Mungkin anda sudah memiliki fikiran siapa target pelanggan anda secara umum, bisa jadi anda belum secara menyeluruh menggambarkan nilai manfaat produk yang mengarah kepada pelanggan secara spesifik, mengapa mereka harus membeli produk anda? Belum ada titik temu dan komunikasi yang menyatukan antara kegunaan produk dan kebutuhan pelanggan. Ini ibarat cinta anak Kuliahan, si cowok menyukai seorang teman wanita namun belum tahu cara bagaimana mengutarakannya. Yang perlu dilakukan adalah berusaha mencari tahu apa kesukaannya, apa kesukaannya, apa minatnya, dimana rumahnya. Setelah tahu, pada saat tertentu berikan sesuatu yang menjadi kesukaannya. Begitu pula yang harus dilakukan saat survey, setelah tahu menuju kemana minat pelanggan, bagaimana kemasannya dan produk andapun menyesuaikan diri menuju kearah yang sama.

3. Anda belum fokus pada satu tujuan utama
Dapat juga alsan karena terlalu banyak memiliki usaha yang tersebar. Memang banyak kesibukan tentu baik untuk pengetahuan. Namun mencoba banyak kesibukan dalam satu waktu terutama dalam bisnis tanpa pemahaman yang kurang sesuai tentang apa yang ingin anda capai hanya akan sia-sia, dan apabila salah satu mendapatkan hasilpun pasti tidak akan maksimal.
Perlunya memiliki rencana yang sangat jelas. Masalah besar akan timbul jika mengambil begitu banyak peluang usaha tanpa strategi dan perencanaan yang jelas. Yang paling utama, anda bisa tidak dapat memberikan perhatian penuh dan energi prima untuk satu kegiatan dan peluang usaha yang berpotensi membuat banyak keuntungan yang nyata.

4. Karena belum mendefinisikan merek dengan sesuai atau baik
Demikan banyak pengusaha yang memperkenalkan mereknya secara tidak tepat. Mereka tidak berhasil menemukan ceruk pasar yang dapat dimasuki dan menempatkan merek didalamnya dengan baik, akibatnya merek perusahaan tidak secara maksimal mendapatkan perhatian dari target market, tidak cukup kuat membuat calon pelanggan percaya pada kredibilitas perusahaan anda.

5. Anda belum menemukan dimana target pasar berada
Pikirkan dimana anda dapat menemukan pangsa pasar potensial biasa berada. Hari ini media sosial adalah salah satu tempat yang representatif untuk makin mendekatkan produk dengan target market anda. Selain itu memiliki website dan beriklan di media online adalah sebuah kebutuhan yang penting. Anda harus berusaha untuk mencari tahu di mana target pasar Anda menghabiskan waktu online, serta dimana mereka akan paling reseptif terhadap konten anda, pesan, dan panggilan untuk bertindak. jangan terkecoh dengan jumlah orang yang melihat iklan Anda, tapi yang terutama adalah bagaimana orang akan menerima iklan dan konten yang anda sampaikan kemudian melakukan transaksi.

6. Anda belum dapat menerjemahkan apa keinginan pelanggan
Anda tidak menyadari saat target pasar anda berbicara mengutarakan tentang adanya permasalahan, keprihatinan atau keinginan. Anda tidak merespon dengan mencoba mengatasi permasalahan pelanggan dengan menampilkan produk/jasa anda sebagai solusi. Bila anda tidak peka dan belajar memahami target pasar anda dan menjadikannya sebagai sebuah peluang usaha, maka pendekatan apapun yang anda lakukan kepada mereka, brosur dengan kata-kata memikat, pamflet, baliho dan segala bentuk promosi gencarpun kemungkinan akan mereka abaikan, karena tidak menjawab permasalahan mereka.
Jika menurut anda artikel ini ada kurang dan lebihnya mohon berikan komentar anda dibawah.

Demikian artikel tentang “Inilah Alasan Barang Atau Jasa Anda Tidak Laku” yang kami sajikan, semoga bermanfaat. Terimakasih

4 komentar:

  1. Dagang memang tidak hanya butuh modal tapi juga butuh strategi...

    BalasHapus
  2. Sesuai pangsa pasar.kemungkinan laku juga akan lebih besar...trims...

    BalasHapus
  3. Promosi atau pasang iklan juga manjur supaya barang cepat laku...thanks

    BalasHapus