20 November 2013

Pengertian Gigi Taring Secara Ilmiah

Gigi taring adalah gigi yang memilki satu akar dan memiliki fungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. Saya dapatkan referensi Dari Wikipedia bahwa Gigi taring atau Dentist Canine merupakan gigi yang berguna untuk merobek-robek makanan serta mengoyak makanan. Gigi Taring atau Caninus Posisi gigi ini terdapat pada sudut mulut, di sebelah gigi seri, serta merupakan gigi terpanjang dalam rongga mulut. 

Fungsinya adalah untuk melembutkan atau mengoyak makanan. Berjumlah 4, dengan pembagian 2 ditiap rahang, 1 di kiri dan 1 di kanan. Gigi susu caninus ini diganti dengan gigi caninus permanen pada usia 11 – 13 tahun. Pada karnivor, Gigi taring mereka tumbuh dengan baik serta tajam. Pada manusia , Gigi taringnya berjumlah 4 Pada herbivor, gigi taring mereka tidak tumbuh atau kecil.

Gigi taring karnivor tumbuh dengan baik dan tajam-tajam, sebab karnivor menggunakan gigi taring mereka sebagai senjata yang ampuh untuk melumpuhkan mangsa serta berguna untuk mengoyak dan merobek daging mangsa.

Gigi pada manusia:
Gigi taring pada herbivor
Gigi taring pada karnivor

Canine Tooth

Gigi taring herbivor tidak tumbuh atau kecil, sebab gigi taring pada herbivor memang tidak dibutuhkan untuk mengunyah dan melumat rumput serta serat-serat selulosa.

Inilah jenis gigi yang ada pada Manusia:
  1. Gigi anak
  2. Gigi tikus
  3. Gigi palsu
  4. Terapi fluorida fungsinya membantu gigi tetap kuat
  5. Peri gigi
  6. Gigi Geraham/bungsu
  7. Gigi kuda
  8. Gigi taring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar