21 November 2013

Pengertian Dan Pengetahuan GIGI Secara Ilmiah

Gigi adalah alat untuk mengunyah makanan manusia dan hewan. Setiap manusia dan hewan memiliki gigi yang bervariasi dan tentunya sangat berguna sesuai apa yang dibutuhkan. Gigi yang disebutkan didalam Wikipedia adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Gigi memiliki struktur yang bervariasi yang dapat memungkinkan setiap gigi berguna untuk melakukan berbagai tugas. terutama untuk hewan karnivora atau pemakan daging, gigi digunakan sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi merupakan bagian paling membedakan di jenis mamalia yang berbeda, dan salah satu yang bisa menjadi fosil dengan baik. Paleontolobmgis menggunakannya untuk mengidentifikasi jenis fosil dan seringkali hubungan di antaranya. Analisis perbandingan gigi juga sangat membantu untuk mendapatkan gambaran perilaku evolusioner selama perkembangan suatu spesies.

Gigi mempunyai struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi yang menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.

yaitu saling ada kesesuaian dengan jenis makanan yang sesuai untuk hewan. Misalnya herbivora atau pemakan tumbuhan memiliki banyak gigi geraham untuk mengunyah karena rumput sulit untuk dicerna. Karnivora membutuhkan taring untuk membunuh dan merobek, dan karena daging mudah untuk dicerna, maka mereka dapat menelan makanan tersebut tanpa membutuhkan geraham untuk mengunyah makanan tersebut terlebih dahulu.

Nah, tahukah anda bahwa gigi memiliki Bagian-bagian yang berbeda-beda nama dan fungsinya. Perhatikan pernyataan Wikipedia berikut ini:

Pertama, Yaitu Mahkota gigi atau corona, merupakan bagian yang tampak di atas gusi. Terdiri atas:
Mulai dari Tulang gigi atau yang biasa diilmu kedokteran disebut sebagai dentin, di dalamnya terdapat saraf dan pembuluh darah.
Kedua yaitu Lapisan email, merupakan lapisan yang paling keras.
Ketiga Yaitu Rongga gigi (pulpa), merupakan bagian antara corona dan radiks.
Keempat Yaitu Leher gigi atau kolum, merupakan bagian yang berada di dalam gusi.
Kelima Yaitu Akar gigi atau radiks, merupakan bagian yang tertanam pada tulang rahang. Akar gigi melekat pada tulang rahang dengan perantaraan semen gigi.
Keenam Yaitu Semen gigi melapisi akar gigi dan membantu menahan gigi agar tetap melekat pada gusi. 
Ketujuh Yaitu Lapisan semen, merupakan pelindung akar gigi dalam gusi.
Kedelapan Yaitu Gusi, merupakan tempat tumbuh gigi.


Inilah jenis gigi yang ada pada Manusia:
  1. Gigi anak
  2. Gigi tikus
  3. Gigi palsu
  4. Terapi fluorida fungsinya membantu gigi tetap kuat
  5. Peri gigi
  6. Gigi geraham/bungsu
  7. Gigi kuda
  8. Gigi taring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar