9 November 2013

Fungsi Makanan Yang Kaya Lutein Berkhasiat Untuk Mata

Lutein adalah bagian dari keluarga karotenoid, apa itu Lutein? Lutein yaitu sebagian besar terkonsentrasi di makula, bagiannya berbentuk oval dan berwarna kuning yang terdapat di dekat titik retina mata manusia. yang secara alami diproduksi di kloroplas. Fungsi Lutein adalah bertanggung jawab untuk penglihatan manusia. Lutein yang juga dalam makula adalah untuk melindungi mata dari stres oksidatif dan membantu penyerapan cahaya biru yang aktif.

Jika anda orang yang suka memperhatikan kesehatan mata harusnya anda tak asing lagi dengan cara merawat kesehatan mata agar berfungsi dengan baik.

Lutein juga berperan penting untuk mencegah penyakit mata yang disebut Harbinger’s brush, sebuah fenomena di mana mata melihat warna cahaya yang terpolarisasi. Pakar mata meneliti bahwa jumlahnya yang cukup dari lutein untuk mengurangi risiko penyakit mata yang khususnya degenerasi makula. Warna kuning makula akibat kehadiran lutein akan memberikan mata kemampuan menyerap cahaya biru dan ultraviolet berlebih yang masuk ke mata.

Ini berfungsi sebagai semacam tabir surya alami untuk retina dan daerah sekitarnya.
Lutein bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, kuning telur, dan lemak hewan. Meskipun saat ini belum ada ketentuan mengenai dosis harian yang direkomendasikan, mengambil 6-10 mg / hari dianggap merupakan dosis yang aman.


Orang-orang dengan diet dengan kandungan lutein rendah dapat mengambil suplemen untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan lutein. Selain kangkung dan bayam, sayuran yang memiliki konten yang sangat tinggi akan lutein adalah kacang polong, zucchini, brussel sprout, kacang pistachio, brokoli, jagung, buah kiwi, lobak, selada romaine, collard hijau, dan telur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar