6 November 2013

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Kesehatan Jantung?

Selamat membaca ya? inilah saya sajikan artikel dahsyat tentang Letak Jantung, Berat Jantung, Pembahasan lebih detail mengenai jantung, Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium, yang tertempel pada diafragma. Lapisan pertama menempel begitu erat bersama jantung, lain halnya lapisan luarnya lebih luas dan cair, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung.

Jantung adalah sebuah rongga, rongga bagian berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah dari kontraksi berirama yang berulang. arti kardiak yaitu ada hubungannya dengan jantung, kardia adalah nama dari jantung. Jantung merupakan salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah. Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Jantung dijaga di tempatnya oleh pembuluh-pembuluh darah yang meliputi daerah jantung yang merata dan datar, seperti di dasar dan di samping. Dua garis pembelah dari otot pada lapisan luar jantung menunjukkan dimana letak dinding pemisah di antara serambi & bilik jantung. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan. Jantung merupakan satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri.
Secara internal, jantung dipisahkan oleh sebuah lapisan otot menjadi dua belah bagian, dari atas ke bawah, menjadi dua pompa. Kedua pompa ini sejak lahir tidak pernah tersambung. Belahan ini terdiri dari dua rongga yang dipisahkan oleh dinding jantung. Maka dapat disimpulkan bahwa jantung terdiri dari empat rongga, serambi kanan & kiri dan bilik kanan & kiri.

Tiap serambi dan bilik pada masing-masing belahan jantung disambungkan oleh sebuah katup. Katup di antara serambi kanan dan bilik kanan disebut katup trikuspidalis atau katup berdaun tiga. Sedangkan katup yang ada di antara serambi kiri dan bilik kiri disebut katup mitralis atau katup bikuspidalis (katup berdaun dua).

Dinding serambi jauh lebih tipis dibandingkan dinding bilik karena bilik harus melawan gaya gravitasi bumi untuk memompa dari bawah ke atas dan memerlukan gaya yang lebih besar untuk mensuplai peredaran darah besar, khususnya pembuluh aorta, untuk memompa ke seluruh bagian tubuh yang memiliki pembuluh darah.

Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.
Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (pembuluh kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbondioksida dan selanjutnya dialirkan kembali ke jantung.

Darah yang kehabisan oksigen dan darah kotor dari seluruh tubuh mengalir melalui 2 vena berbesar vena kava menuju ke dalam atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, ia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.

Darah dalam atrium kiri akan didorong menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis/mitral, yang selanjutnya akan memompa darah murni ini melewati katup aorta masuk ke dalam arteri terbesar dalam tubuh. Darah kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. dan sebagainya.
Disebut sirkulasi pulmoner karena darah yang kaya akan oksigen mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri karena darah dialirkan ke paru-paru.

Serangan jantung merupakan suatu kondisi yang menyebabkan jantung tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi cepat dan tidak disangka, dan biasa disebut gagal jantung. Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utamanya biasanya yaitu terhambatnya persediaan darah ke otot-otot jantung, oleh karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, mungkin juga karena lemak dan kolesterol, dan obat-obat seperti Decolgen, dan nikotin. Kabar baru-baru ini juga sering ditemukan gagal jantung mendadak ketika seseorang sedang beraktivitas. Biasanya hal itu disebabkan oleh pemaksaan aktivitas jantung yang melebihi ambang batas melakukan olah raga.
Makananan yang  cepat saji adalah juga termasuk penyebabnya. Para penelti dari McMaster University, Kanada, mendapatkan kesimpulan bahwa orang yang banyak mengonsumsi makanan yang digoreng, cemilan bergaram, dan daging memiliki risiko serangan jantung lebih dari 35 persen lebih besar dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi sedikit atau tidak mengonsumsinya.

Terimakasih anda telah selesai membaca Artikel dengan judul "Apa Yang Anda Tahu Tentang Jantung?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar