19 November 2013

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Gigi Palsu/Tiruan?

“Salam Blogger”. Topik yang baru disinggung oleh kebanyakan orang saat ini adalah kesehatan pada “GIGI”. Sangat semangat sekali bagi peneliti dan pencari informasi tentang kesehatan gigi. OK, Bagi setiap individu memiliki daya tarik tersendiri untuk memiliki gigi yang indah. Gigi yang indah memang dambaan setiap orang, dan pastinya kita semua ingin gigi kita tak hanya indah dan enak dilihat, sudah pasti tentunya juga kepengen agar gigi dan gusi kita juga sehat. Nah, bahasan kali ini saya mengangkat topic yang serius yaitu mengenai “Gigi palsu” atau biasa disebut dengan Gigi tiruan. Gigi Palsu atau gigi tiruan adalah pengganti gigi yang rusak atau copot. Secara kesehatan, kegunaan daripada gigi tiruan yaitu: memfungsikan kembali daripada fungsi estetika, menjaga hubungan antara rahang atas dan bawah, dan juga mengembalikan fungsi pengunyahan pada makanan.

Mari kita ulas lebih detail lagi dan kita kupas secara menyeluruh mengenai pembahasan diatas tadi
1. Yaitu Fungsi estetika. Ini merupakan menyangkut penampilan, terutama pada orang tua yang sudah biasa kehilangan gigi dibagian depan. Dan selain mengembalikan permukaan gigi, fungsi gigi tiruan yaitu dibagian atas depan. juga menyangga bibir sehingga akan tampak datar sesuai dengan posisi wajah.

2. Menjaga relasi rahang bawah dan rahang atas yaitu adalah fungsi gigi tiruan yang cukup penting. Kehilangan banyak gigi dalam jangka waktu tertentu dapat berakibat hubungan rahang bawah dan rahang atas tidak bekerja secara stabil, mengakibatkan timbulnya problem pada sendi temporomandibular atau rahang yang tepat berada di depan telinga. Kebiasaan nyeri pada sendi rahang sangat begitu umum diderita pada individu yang kehilangan begitu banyak gigi.

3. Menjaga fungsi pengunyahan makanan yaitu fungsi dimana gigi palsu dapat digunakan senyaman mungkin dalam melaksanakan proses mengunyah makanan. Dengan kembalinya fungsi mengunyah seperti sedia kala, maka seseorang yang telah kehilangan gigi asli tetap dapat menikmati makanan yang keras, serta tetap menghasilkan hasil kunyah yang lembut sebelum ditelan.


Dibawah ini terdapat bebrapa jenis Gigi Tiruan Yaitu:
Ada yang berupa material dan ada juga berupa metode pemasangannya.
1. Gigi palsu yang dipasang dengan permanen ada 2 jenis, yaitu yang bertindih pada gigi lainnya sebagai penyangga, dan yang langsung ditanam ke dalam tulang.
2. Gigi palsu yang dapat dilepas-pasang oleh pasien sendiri pada umumnya terbuat dari bahan akrilik, namun ada juga yang menggunakan rangka (frame) dari logam).

Terdapat beberapa jenis dan fingsi gigi dibawah ini:

  1. Gigi anak
  2. Gigi tikus
  3. Gigi palsu
  4. Terapi fluorida fungsinya membantu gigi tetap kuat
  5. Peri gigi
  6. Gigi geraham/bungsu
  7. Gigi kuda
  8. Gigi taring



Tidak ada komentar:

Posting Komentar