6 November 2013

8 Tips merawat kesehatan mata agar berfungsi dengan baik

Mata merupakan alat indera yang tak ternilai harganya, fungsinyapun sangat berguna untuk penglihatan manusia. Dengan adanya mata kita sebagai manusia dapat melihat dunia ini. Mari kita jaga mata kita agar berfungsi dengan baik dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, dan jangan terlambat sebelum rusak oleh tingkah laku kita. Kali ini saya akan membahas 8 tips merawat kesehatan mata agar berfungsi dengan baik. Apakah anda sudah tahu kedelapan tips cara merawatnya? Simak tips berikut ini:


1. Hindari melihat cahaya yang terlalu terang

Hindari langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Hindari pula memfokuskan mata pada sinar matahari yang sangat terang karena itu bisa merusak fungsi mata.


2. Mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran

Wortel kaya akan beta karoten yang sangat ampuh dalam menjaga kesehatan fungsi mata. Hal itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang bisa mengurangi risiko degenerasi makula.

3. Jangan pakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam

Tahukah kamu bahwa kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata?! Lalu, jangan juga sering menggunakan kacamata terlalu lama.


4. Kurangi kebiasaan duduk berjam-jam di depan komputer

Untuk menjaga kesehatan fungsi mata, jangan terlalu sering duduk terlalu lama di depan komputer. Kebiasaan ini dapat membuat mata lelah dan tegang.

5. Kurangi pemakaian tetes mata

Kamu harus lebih membatasi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi iritasi mata ringan sih boleh saja, tapi cuma sesekali. Bila berlebihan, itu malah bisa merusak kesehatan mata fungsi matamu.

6. Kompres mentimun

Kamu bisa menggunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata biar tidak terkena katung mata. Letakkan irisan mentimun di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah kantung mata.


7. Jangan membaca di ruangan yang bercahaya redup

Untuk menjaga kesehatan fungsi mata, hindari kebiasaan membaca di ruangan dengan cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan pada mata. Jika mata terasa lelah, berhentilah untuk sementara waktu dan beristirahatlah sejenak.



8. Kacamata hitam untuk mengurangi paparan UV

Pakailah lensa yang terpolarisasi, jangan hanya cuma yang lensa berwarna gelap. Kacamata hitam yang bisa melindungi mata dari UV diperlukan untuk meminimalisir paparan dari sinar matahari.

Terimakasih anda telah membaca Tips merawat kesehatan mata agar berfungsi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar