29 Mei 2013

Tentang Rokok Dan Berhenti Merokok



Saya tidak ingat persis apa hari saya mulai merokok, tapi aku ingat hari itu aku berhenti merokok seolah-olah itu kemarin. Pada sekitar usia sepuluh tahun, mulai bertingkah keren seperti dewasa up dengan beberapa teman-teman dengan bertindak seolah-olah kita merokok dengan menggulung rumput rumput kering dari halaman belakang dan Taman Merrill di Jeffery Manor di Chicago, Illinois. Kami juga mencoba pohon kering merokok daun digulung dalam kertas notebook, mengetik makalah, tua Chicago Transit Authority mentransfer tarif kertas, sobek halaman dari buku telepon atau apa pun yang tersedia. Mencoba untuk meniru ayah saya, sepupu, orang dewasa lainnya, film bintang, tentara, koboi, musisi, pria tangguh, orang jahat, orang baik dan setiap pahlawan lainnya yang merokok. Saya kira itu keren dan glamor ketika mereka menghirup / menghembuskan asap di paru-paru mereka. Hal itu membuat mereka terlihat lebih cerdas dan memegang kendali. Aku tidak tahu bagaimana merokok sama sekali. Saya hanya mengisap dan terbatuk-batuk dari sensasi terbakar yang saya rasakan di dada dan paru-paru saya. Itu sangat menyakitkan! Suatu hari seorang teman mencuri sebuah paket terbuka dari ibunya dan kami mencoba untuk merokok rokok nyata. Saya pikir itu baik Benson & Hedges atau Virginia Slims rokok. By the way, kita belajar bahwa rokok juga disebut "persegi". Kami hampir mendapat rusak karena ibu teman saya menemukan rokoknya yang hilang dan sepertinya masalah datang cepat. Entah bagaimana aku menghindari peluru itu. Jika kau bertanya padaku hari ini, maka saya berharap saya telah rusak sehingga saya bisa dihukum. Dan saat itu kita digunakan untuk mendapatkan pemukulan karena ketidaktaatan dan melakukan hal yang salah. Hari itu disebut pelecehan anak. Saya pikir itu adalah apa yang salah dengan dunia saat ini. Spare batang, memanjakan anak. Aku butuh mengalahkan turun hanya pada GP saja.

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.
Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walaupun pada kenyataannya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi).
Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.
Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan ketergantungan, di samping menyebabkan banyak tipe kanker, penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, dan emfisema


Jenis rokok [sunting]
Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis. Pembedaan ini didasarkan atas bahan pembungkus rokok, bahan baku atau isi rokok, proses pembuatan rokok, dan penggunaan filter pada rokok.
Rokok berdasarkan bahan pembungkus.
Klobot: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung.
Kawung: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren.
Sigaret: rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas.
Cerutu: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau.
Rokok berdasarkan bahan baku atau isi.
Rokok Putih: rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
Rokok Kretek: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
Rokok Klembak: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau, cengkeh, dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
Rokok berdasarkan proses pembuatannya.
Sigaret Kretek Tangan (SKT): rokok yang proses pembuatannya dengan cara digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan dan atau alat bantu sederhana.
Sigaret Kretek Mesin (SKM): rokok yang proses pembuatannya menggunakan mesin. Sederhananya, material rokok dimasukkan ke dalam mesin pembuat rokok. Keluaran yang dihasilkan mesin pembuat rokok berupa rokok batangan. Saat ini mesin pembuat rokok telah mampu menghasilkan keluaran sekitar enam ribu sampai delapan ribu batang rokok per menit. Mesin pembuat rokok, biasanya, dihubungkan dengan mesin pembungkus rokok sehingga keluaran yang dihasilkan bukan lagi berupa rokok batangan namun telah dalam bentuk pak. Ada pula mesin pembungkus rokok yang mampu menghasilkan keluaran berupa rokok dalam pres, satu pres berisi 10 pak. Sayangnya, belum ditemukan mesin yang mampu menghasilkan SKT karena terdapat perbedaan diameter pangkal dengan diameter ujung SKT. Pada SKM, lingkar pangkal rokok dan lingkar ujung rokok sama besar.
Sigaret Kretek Mesin sendiri dapat dikategorikan kedalam 2 bagian :
Sigaret Kretek Mesin Full Flavor (SKM FF): rokok yang dalam proses pembuatannya ditambahkan aroma rasa yang khas. Contoh: Gudang Garam International, Djarum Super dan lain-lain.
Sigaret Kretek Mesin Light Mild (SKM LM): rokok mesin yang menggunakan kandungan tar dan nikotin yang rendah. Rokok jenis ini jarang menggunakan aroma yang khas. Contoh: A Mild, Clas Mild, Star Mild, U Mild, L.A. Lights, Surya Slims dan lain-lain.
Rokok berdasarkan penggunaan filter.
Rokok Filter (RF): rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus.
Rokok Non Filter (RNF): rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus.
Dilihat dari komposisinya :
Bidis: Tembakau yang digulung dengan daun temburni kering dan diikat dengan benang.Tar dan karbon monoksidanya lebih tinggi daripada rokok buatan pabrik. Biasaditemukan di Asia Tenggara dan India.
Cigar: Dari fermentasi tembakau yang diasapi, digulung dengan daun tembakau. Adaberbagai jenis yang berbeda di tiap negara. Yang terkenal dari Havana, Kuba.
Kretek: Campuran tembakau dengan cengkeh atau aroma cengkeh berefek mati rasa dan sakit saluran pernapasan. Jenis ini paling berkembang dan banyak di Indonesia.
Tembakau langsung ke mulut atau tembakau kunyah juga biasa digunakan di AsiaTenggara dan India. Bahkan 56 persen perempuan India menggunakan jenis kunyah. Adalagi jenis yang diletakkan antara pipi dan gusi, dan tembakau kering yang diisap denganhidung atau mulut.
Shisha atau hubbly bubbly: Jenis tembakau dari buah-buahan atau rasa buah-buahanyang disedot dengan pipa dari tabung. Biasanya digunakan di Afrika Utara, TimurTengah, dan beberapa tempat di Asia. Di Indonesia, shisha sedang menjamur seperti dikafe-kafe
Bahan kimia yang terkandung dalam rokok [sunting]
Berikut adalah beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam rokok:[3]
Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.


Waktu berlalu dan saya belajar merokok McCoy nyata, rokok segar paket atau crush-bukti kotak! Merek rokok Newport, sebuah paket berbentuk persegi hijau menarik atau kotak dengan Nike swoosh terbalik pada label depan dan peringatan dokter bedah umum di samping, tepatnya. Dua puluh, disaring rokok mentol, selai dikemas dengan nikotin, tar, cairan pembalsem dan beberapa ratus lebih beraroma rendah dosis racun mematikan beracun. Saya belajar untuk memegang rokok seperti pria sejati seharusnya. Aku memegang persegi antara jari telunjuk dan jari tengah dengan kurva sedikit di tarik, seperti cara keren memegang tongkat kolam renang di ruang bicara-mudah kolam renang, kedai, bar atau klub. Aku dingin di usia 12 tahun. Pengerdilan pertumbuhan dan perkembangan saya sudah. Aku butuh waktu beberapa hari untuk belajar bagaimana menghirup asap tanpa tersedak. Dan tentu saja, aku tersedak. Aku pusing dan pusing pada awal 24 tahun hukuman seumur hidup saya sebagai seorang perokok rokok. Itu pusing membuat saya merasa santai setelah menikmati rokok menyegarkan. Oh, aku tidak diskriminasi di awal. Aku merokok berbagai merek tanpa prasangka. Misalnya, Kools, Marlboroughs, Salems, Pemain, unta, dan khalifah (merek yang membantu untuk memberikan saya emfisema ayah dan kanker), oh well, apa pun, apalagi. Begini, jika Anda memiliki rokok, saya mungkin akan merokok tanpa ragu-ragu. Aku dingin, tenang dan dikumpulkan, sebuah dalam kontrol perokok. Maksudku, aku buruk, yang terbaik dari yang terbaik, kucing, restoran, keren, dapat Anda menggali itu manusia. (Jadi saya pikir)

Selalu batuk dingin. Meludah hockers mulai dari off-putih ke kuning, kuning kecoklatan untuk, coklat dan hijau, oranye dan merah dan hitam Hocker sesekali. Kadang-kadang mendapatkan chuck padat yang menyerupai biji bunga matahari rusak yang berbau buruk daripada Rex anjing napas pada panas dan lembab hari di Maywood, Illinois pada bulan Juli. Rokok yang murah untuk membeli kembali pada hari. Maksudku awal 1980-an ketika saya mulai merokok. Mereka lebih atau kurang tentang 75cents bungkus. Aku mendengar di militer, mereka adalah sekitar $ 7 untuk sekotak 20 bungkus kotak saat itu, pada awal 80-an. Itu hanya tidak biaya yang banyak untuk bunuh diri saat itu. Sekarang biaya hidup yang tinggi dan biaya kematian lebih tinggi. Kakak tertua saya dan saya digunakan untuk nongkrong di rumah teman-teman. Ada kami memungkinkan untuk merokok, minum dan mendengarkan musik keras di lantai dasar rumahnya. Di rumah, kami menyembunyikan kebiasaan merokok buruk kami dengan menempel kepala kita keluar dari jendela kamar mandi sambil merokok rokok. Kami menggunakan udara segar dan aerosol hairspray untuk membunuh bau asap rokok. Siapakah kita menipu? Suatu malam bersalju, pada musim dingin tahun 1982-1983, saudara saya dan mengambil berjalan menyusuri jalan di mana kita tinggal, untuk merokok. Ibuku, untuk beberapa alasan, membuka pintu, melihat ke bawah jalan, hanya sebagai saudara saya mengambil menyeret hangat sedikit, pada baru menyala Newport 100 rokok. Dia keluar rumah dan melihat dia merokok. Aku nyaris tertangkap hari itu karena aku baru saja akan menarik rokok saya keluar saku. Yah, hanya mengatakan bahwa akhirnya aku mengaku kebiasaan saya merokok sekitar waktu itu juga. Ibuku memberitahu kita untuk tidak merokok di sekitarnya atau di rumahnya, periode. Dia sangat kecewa dalam diri kita tapi dia tahu bahwa itu pada dasarnya tidak ada yang bisa dia lakukan karena kami anak-anak muda yang besar dan secara resmi kecanduan menghirup nikotin, tar dan sekitar 400 lainnya racun dosis rendah.

Sesak napas, pilek buruk dan gejala flu, kekuningan (peti mati) kuku, mata tampak rendah dan remang-remang sampai tanda-tanda dari aspek sehat dari merokok. Apa hambatan setelah mengambil begitu banyak menyeret. Pakaian dan rambut bau seperti asap. Lubang dibakar dalam pakaian. Aku rupanya mencintai rokok dan itu adalah perkawinan kenyamanan yang membuat kami bersama sebagai satu. Dan selama 24 tahun itu mengambil korban pada hidup saya dan saya. Nikotin dikendalikan saya dan saya tidak bijaksana. Seorang teman pernah mengatakan kepada saya bahwa dengan setiap tarikan asap saya mengambil, 5 detik diambil dari hidup saya. Jawaban rasional saya, kita semua gonna meninggal akibat sesuatu, Anda tidak akan pernah tahu apa atau bagaimana. Cukup berkata untuk kemuliaan merokok.

Saat mengunjungi seorang penatua dekat Green Bay, Wisconsin pada sekitar musim semi 1984, saya ingat makan otentik rumahan makan Polandia untuk pertama kalinya. Kami makan sosis Polandia dan sauerkraut dan beberapa kick ass lobak. Ini adalah bom! Saya berumur 14 tahun pada saat itu. Aku punya pacar. Dia tidak merokok. Saya gunakan untuk selalu menyikat gigi, menggunakan obat kumur, mengunyah permen karet, dan menggunakan napas mint atau semprot atau sesuatu sebelum aku menciumnya, jika saya merokok. Itu benar-benar tidak benar, harus jujur. Maksudku, merokok saya. Tapi aku membantah kebenaran tentang hal itu. Kembali ke Green Bay, orang-orang yang saya mengunjungi menemukan bahwa saya adalah seorang muda merokok anak, setelah mencoba untuk menyembunyikannya dan menutupinya dari mereka. Aku ingat, Yusuf orang yang saya cintai dan hormati seperti seorang ayah, mengatakan jangan munafik dan mengakui bahwa saya merokok. Rasanya seperti berat diangkat dari dada saya setelah mengatakan yang sebenarnya. Namun, saya masih merokok. Jadi, saya bertanya kepada ayah Yusuf, Kakek, dia merokok? Dia mengatakan "ya, tapi ia berhenti sekitar 15 tahun sebelum pembicaraan kami." Aku bertanya "bagaimana dia berhenti?" Dia berkata, "dia berhenti." Dan itu, "ketika saatnya bagi Anda untuk berhenti, maka Anda akan tahu itu dan hanya berhenti untuk selamanya." Aku punya kecanduan terhadap nikotin segar mengalir melalui pembuluh darahku dan aku mendambakan untuk rokok setelah makan lezat. Saya berpikir sendiri, "kata mudah daripada dilakukan orang tua". Pertemuan itu dengan dia telah tinggal dengan saya sejak itu.

Seiring berjalannya waktu, tahun berkembang. Hal yang sama, aku merokok setelah makan makanan, minum minuman beralkohol, minum kopi, minum minuman ringan dan terutama minum cola sangat berkafein. Saya merokok pada saat saya merasa senang, sedih, marah, atau hanya untuk merokok sebatang rokok untuk memiliki sesuatu untuk dilakukan seperti orang yang bermain bisbol, waktu lampau. Bahkan ketika seseorang ditandai saya, ketika masalah dan kesulitan datang, sebelum dan sesudah menghilangkan diri sendiri, saya harus merokok sebatang rokok lagi. Itulah kebenaran polos. Dan itu somethen rong dengan pickture itu!

Saya ingat mencoba untuk berhenti off dan tanpa keberhasilan apapun. Saya akan berhenti satu atau dua hari, seminggu atau lebih dan "bam!" Aku sudah kembali lagi, "Smokin '!" Itu off untuk balapan lagi, sayang. Kecanduan nikotin. Anda lihat, seperti tahun-tahun berlalu, saya menjadi alergi terhadap anjing, kucing, debu, serbuk sari dan rumput. Saya kemudian dikembangkan bronkitis. Aku ingin tahu apakah merokok memiliki sesuatu untuk dilakukan dengan mengembangkan masalah-masalah kesehatan saya. Hmm. Aku bertanya-tanya ... Yah, bagaimanapun, aku di saya pertengahan 30-an. Saya sekarang sedikit lebih tua dan saya percaya tad sedikit lebih bijaksana. Saya tidak perlu lagi terlihat keren, bertindak dingin dan berpikir bahwa aku keren, untuk menjadi dingin. Kadang-kadang untuk menjadi dingin, Anda harus keren. Anda akan mengejutkan teman-teman dan membingungkan musuh Anda. Aku merasa seperti anjing Pavlov ketika datang ke merokok. Saya juga mulai ingat ketika ibu saya gunakan untuk mengatakan bahwa "Saya tidak ingin menggunakan apa pun yang memiliki kekuatan sebesar itu atas diriku." Ya, dia adalah benar dan pada dasarnya berkata "Aku tak berdaya atas rokok." Sampai aku menyadari kebenaran dalam pernyataan itu, saya mungkin akan merokok selama sisa hidup saya alami. Hal ini tidak begitu banyak seperti ketergantungan fisik nikotin atau rokok tetapi ketergantungan mental yang disebabkan oleh pemikiran saya dan kekuatan berpikir kebiasaan dan bertindak atas pemikiran fisik keinginan nikotin. Dan cara terbaik yang saya bisa mendapatkan memperbaiki nikotin saya adalah untuk menjalankan rokok dan menghirup asap. Jika saya tidak mengambil sebatang rokok, maka saya tidak akan merokok.

Beberapa bulan yang lalu, suatu malam aku terbangun sangat awal, seperti 3:00. Segera, aku punya pikiran untuk menuliskan semua pro dan kontra dari merokok. Selain terlihat keren, yang adalah dusta, aku tidak bisa menemukan satu alasan yang baik untuk merokok. Saya memiliki beberapa alasan yang cukup bagus mengapa saya tidak boleh merokok, meskipun. Saya datang dengan lebih dari 35 alasan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa saya harus berhenti merokok dari atas daftar.

1. Berhenti merokok sekarang mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker tenggorokan, kanker paru-paru, emfisema, asma, alergi, kanker bronkitis, usus atau perut dan masalah kesehatan serius lainnya.

2. Wanita hamil mengurangi kemungkinan memiliki keguguran, atau anak yang lahir dengan cacat lahir.

3. Batuk pilek lebih sedikit dan memiliki lebih sedikit dan gejala flu.

4. Bernafas lebih baik, lebih bebas dan mudah.

5. Pandangan hidup akan meningkat.

6. Jalankan, berjalan dan memanjat tangga dengan sedikit usaha.

7. Tersenyum lebar dengan mata cerah.

8. Ketajaman mental dan kewaspadaan meningkatkan secara dramatis.

9. Rambut, kulit, gigi dan kuku bau dan terlihat lebih baik.

10. Anda akan menghemat banyak uang.


Hanya membaca sisi sebungkus rokok. Muncul dengan peringatan serius. Mereka adalah konsekuensi yang Anda dapatkan untuk merokok. Saya tahu karena ayah kandung saya meninggal karena kanker tenggorokan dan emfisema. Ya, dia mengisap rokok, menderita konsekuensi dan mati sebelum waktunya. Tuhan beristirahat jiwanya. Suatu hari, ketika aku sedang berbicara dengan seorang teman baik tentang baru-baru berhenti merokok nya. Ia membuatnya terdengar mudah dan sebenarnya itu. Pertama, mari kita lihat skor. Harga rokok baru-baru ini naik karena kota / negara pajak cukai di Illinois untuk biaya kesehatan / manfaat, anggaran militer, dan banyak hal lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar