2 Februari 2013

Berbagai Aspek Persewaan Mobil


Leasing atau sewa mobil adalah salah satu perkembangan terbaru di bidang penjualan mobil. Sayangnya hal ini juga salah satu konsep yang paling membingungkan. Seringkali harga sewa mobil untuk harga belinya. Konsep penyewaan mengacu pada penggunaan kendaraan untuk jangka waktu tertentu untuk pembayaran bulanan tetap. Alih-alih membayar harga seluruh kendaraan di awal, konsumen dapat melakukan pembayaran kecil dan kemudian membayar biaya bulanan yang akan dihitung sesuai dengan nilai depresiasi dari mobil. 

Perbedaan mendasar antara leasing dan membeli mobil adalah bahwa dalam kontrak sewa, mobil harus dikembalikan ke dealer atau penjual pada akhir periode yang ditetapkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar bisnis dan individu telah memilih untuk opsi leasing kendaraan bukan membelinya. Alasan di balik perubahan ini adalah bahwa kendaraan yang paling berakhir menjadi bernilai hanya 35-40% dari harga pembelian mereka dalam kurun waktu 3-4 tahun yang berakhir sebagai kerugian besar bagi pemiliknya. Keuntungan utama dari pilihan penyewaan adalah bahwa hal itu jauh lebih hemat biaya karena seluruh biaya sewa selama masa kontrak biasanya kurang dari jumlah yang mobil terdepresiasi selama periode tersebut.

Keuntungan lain dari penyewaan kendaraan termasuk perubahan dalam kendaraan setiap tahun 2-3 dan leasing biasanya memungkinkan konsumen untuk memilih kendaraan di atas kisaran harga nya. Juga tidak ada kerumitan menemukan pembeli pada akhir masa kontrak sejak dealer mengambil kendaraan kembali. Dalam hal konsumen tidak ingin berpisah dengan kendaraan, ia selalu memiliki pilihan untuk membeli mobil pada akhir masa kontrak pada nilai disusutkan.

Seiring dengan manfaat ada beberapa kelemahan dari pilihan ini juga. Yang pertama adalah bahwa akan selalu ada topi pada jumlah mil kendaraan dapat didorong untuk per tahun. Konsumen bisa mendapatkan lebih dari set batas tetapi dalam kasus bahwa ia akan harus membayar biaya tambahan. Kerugian lainnya adalah bahwa kontrak sewa sangat mengikat sehingga sebelum menetapkan masa sewa, selalu memutuskan istilah dengan kepala yang jelas.

Hal ini sangat penting untuk menghapus semua keraguan mengenai pilihan sewa dengan dealer sebelum menandatangani kontrak. Beberapa isu seperti masa sewa, apa yang datang dalam definisi 'memakai & air mata', pembatasan jarak tempuh dan pilihan pada akhir masa sewa, harus selalu didiskusikan panjang lebar. Setelah semua syarat dan ketentuan yang jelas, hanya maka dokumen harus ditandatangani.

Hal ini juga sangat dianjurkan untuk membandingkan pilihan penyewaan beberapa sebelum membuat pilihan akhir. Penjual yang berbeda cenderung untuk menawarkan kondisi yang berbeda di sewa. Setelah konsumen tahu apa yang ditawarkan di pasar, ia tidak akan pernah gagal untuk membuat keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar