6 Februari 2013

Bakteriofag Dan Virus

BAKTERIOFAG

Bakteriofag adalah virus yang menginfeksi bakteri. Bakteriofage berasal dari kata bacteria dan phagus (bahasa Yunani). Dari asal kata tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bakteriofage merupakan virus yang menyerang bakteri. ditemukan secara terpisah oleh Frederick W. Twort di Inggris pada tahun 1915.

Adapula yang mengatakan bahwa Arti bakteriofag atau baktériofag atau n Bio 1 tipe virus yang memerlukan suatu bakteri untuk menggandakan diri; 2 virus yg biasa menyerang bakteri dan dapat menyebabkan hancurnya bakteri tersebut.

Sejarah penemuan virus dimulai pada tahun 1882 dengan adanya penyakit bintik-bintik kuning pada daun tembakau. Seorang ilmuan Jerman bernama Adolf Mayer mendapatkan penyakit yang menular ditanaman tembakau. Mayer mencoba menyemprotkan getah tanaman yang sakit pada tanaman sehat, ternyata tanaman sehat menjadi tertular. Begitu juga hal tersebut dilakaukan dan dilanjutkan oeh ilmuan asal Rusia, Dmitri Ivanovski. Pada saat itu lembaga Pasteur diParis telah berhasil menemukan Filter(saringan) yang dapat menyaring bakteri.

Pada tahun 1897, Martinus Beijerinck, ahli mikroskopis penyerang tembakau dapat bereproduksi pada tanaman tembakau tapi tidak dapat dikembangbiakan. Pada medium pertumbuhan bakteri.
Pada tahun 1935, Seorang ilmuan Amerika, Wendell Standley, berhasil mengkristalkan partikelyang menyerang tanaman tembakau.
VIRUS

ciri-ciri virus dan contoh virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya. Virus bersifat aseluler, berukuran sangat kecil, bentuk bervariasi, terdiri asam nukleat dan kapsid, hanya hidup didalam sel hidup, dan dapat dikristalkan.

Virus mernpunyai ciri-ciri vang tidak dimiliki oleh organisnre lain. Virus hanya dapat berkembang biak di sel-sel hidup lain (sifat virus parasit obligat) karenanva, Virus dapat dibiakkan pada telur ayam yang berisi embrio hidup. Untuk bereproduksi virus hanya mernerlukan asam nukleat saja.Ciri-ciri virus lainnya, virus tidak dapat bergerak maupun melakukan aktivitas metabolisme sendiri. Selain itu virus tidak dapat membelah diri. Virus tidak dapat diendapkan dengan sentrifugasi biasa, tetapi dapat dikristalkan.

Struktur Virus
1. virus bersifat aseluler (tidak mempunyai sel)
2. Virus berukuran amat kecil , jauh lebih kecil dari bakteri, yakni berkisar antara 20 mµ - 300mµ (1 mikron = 1000 milimikron). untuk mengamatinya diperlukan mikroskop elektron yang pembesarannya dapat mencapai 50.000 X.
3. Virus hanya memiliki salah satu macam asam nukleat (RNA atau DNA)
4. Virus umumnya berupa semacam hablur (kristal) dan bentuknya sangat bervariasi. Ada yang berbentuk oval , memanjang, silindris, kotak dan kebanyakan berbentuk seperti kecebong dengan "kepala" oval dan "ekor" silindris.
5. Tubuh virus terdiri atas: kepala , kulit (selubung atau kapsid), isi tubuh, dan serabut ekor.

Struktur Bacteriofag
Bakteriofag berasal dari kata (from 'bacteria' dan bahasa Yunani φαγεῖν phagein "dimakan"). Dari asal kata tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bakteriofage merupakan virus yang menyerang bakteri. Bacteriofag ditemukan oleh Twort (1916) dan d'herlle(1917).

Apa sih bedanya Bakteriofag dengan virus?
Perbedaan dengan virus ialah bahwa virus hidup dan berkembang biak dalam organisme yang multisel, sedangkan bakteriofag hidup dan berkembang biak dalam organisme yang uni-sel.


Replikasi
Bakteriofage memiliki 2 macam cara untuk mereplikasikan dirinya, yaitu daur litik dan daur lisogenik. Replikasi tersebut baru dapat dilakukan ketika virus ini telah masuk ke dalam sel inangnya (bakteri). Bakteriofage termasuk ke dalam ordo Caudovirales. Salah satu contoh bakteriofage adalah T4 virus yang menyerang bakteri Eschericia coli (E. coli), merupakan bakteri yang hidup pada saluran pencernaan manusia.
replikasi bakteriofag, macam dan langkah-langkah vegetatif buatan, bagaimana siklus perkembangbiakan generatif vertebrata, replikasi bakteriofag, pengertian bakteriofage, fungsi enzim lisozim, fungsi bakteriofag, diagram replikasi bakteriofag, contoh bakteriofag, bagian dari bakteriofag.

Ref: http://id.wikipedia.org/wiki/Bakteriofag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar