19 Januari 2013

Sukses Dengan Bisnis IT


Hari ini akan kami ulas tentang bisnis IT yang kini semakin berkembang pesat diEra informasi sekarang. Kewirausahaan muncul pada abad 18 diawali dengan penemuan-penemuan baru seperti  mesin uap,mesin pemintai dll. Tujuan mereka adalah pertumbuhan dan perluasan organisasi melalui inovasi dan kreativitas. Keuntungan dan kekayaan bukan tujuan utama. Wirausahaan adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa ada rasa takut dan cemas sekalipun dalam kondisi apapun.

Peluang usaha di bidang IT cukup besar dan salah satu tantangan terbesar adalah niat untuk memulai beriwausaha. Untuk membuka peluang usaha dibutuhkan inovasi dan kreatifitas, teman-teman, terbuka dan tegas. Dengan karakteristik tersebut maka dapat membuka usaha dengan berbagai ide dan konsep yang tercipta. Dengan adanya sistem tersebut maka seharusnya dapat Sukses Dengan Bisnis IT.

1. Proses mencari informasi peluang usaha

Informasi tentang kepribadian dan kemampuan dirinya Temu kenali Diri Anda
Peluang yang dapat diraih
Kebutuhan dan keinginan konsumen
Situasi persaingan
Lingkungan yang dihadapi
Dukungan dan trend kebijakan pemerintah

2. Tahapan pengembangan usaha

Ide usaha   : Mencari produk yang beda dan baru
Kelayakan : Kelayakan produk dalam masa sekarang
Business Proses : Memulai produksi yang produk yang sudah direncanakan
Prestasi              : Hasil yang memuaskan

3. Sumber ide usaha

Berdasarkan keahlian (mis: latar belakang pendidikan)
Merupakan usaha warisan
Membuat inovasi baru
Menyesuaikan dengan kebutuhan sekitar

4. Faktor utama sebelum memulai usaha

Faktor kesukaan
Faktor keahlian atau familiaritas
Faktor dana
Faktor bahan baku
Faktor sumber daya manusia dan teknologi
Faktor kepribadian

5. Perkembangan bisnis TI dunia

Banyak negara berkembang yang menjadi negara maju karena perkembangan industri teknologi. Contohnya perkembangan Korea diawali dengan industri tradisional yang diikuti oleh industri semikonduktor. 

Meski tak menguasai TI (Teknologi Informasi) tak perlu patah arang jika ingin berbisnis di bidang ini. Ada banyak cara melakukannya. Yang paling gampang adalah menjadi reseller atau agen produk-produk TI. Di sisi pendapatan ada peluang mendapatkan keuntungan yang tak kecil. Langkah ini bisa dimulai dengan menjadi mitra (reseller) produsen-produsen produk TI lokal. Dua di antaranya adalah Simply Interactive dan Bamboo Media. 

           Kedua perusahaan yang sama-sama dikendalikan anak muda ini bergerak di bidang produksi software tepat guna. Simply Interactive menawarkan aneka software terapan berdasarkan software-software open source seperti Joomla dan Wordpress. Antara lain menawarkan software terapan praktis bagi mereka yang ingin membuat webiste e-commerce untuk kalangan UKM. Konsentrasi ke UKM ini malah diwujudkan dengan kampanye "Ciptakan 10.000 UKM E-commerce". Produk unggulan lainnya adalah CD-CD Tutorial bagi mereka yang ingin menggunakan aneka software terapan, semisal CD Tutorial Graphic Design, CD Tutorial Video Editing, CD Tutorial Office, dan sebagainya.

Peluang menjadi entrepreneur bidang Teknologi Informasi masih sangat terbuka sekali. Apalagi jumlah entrepreneur di indonesia saat ini masih sangat kecil. Untuk menjadi seorang entrepreneur dibutuhkan karakteristik, diantaranya:

§  Kreatif dan inovatif. Dapat melihat kemungkinan-kemungkinan yang lain dari apa yang dilihat dan dimiliki sebagai solusi untuk suatu persoalan (intuition). Juga bisa mengapresiasi konsep dan ide yang diterimanya secara positif (feeling), sehingga tercipta berbagai peluang dan kesempatan.

§  Networking. Dapat bekerja sama dalam tim, mau berbagi dengan orang lain (extraversion), senang bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya (influence).

§  Terbuka. Dapat bekerja secara fleksibel, mampu membawa diri di berbagai lingkungan yang berbeda-beda (perception).

§  Tegas. Mampu membuat keputusan dengan cepat, dapat mengendalikan emosi, tetapi bisa berbuat tega (dominance).

Sumber – sumber Potensial Peluang
•  Menciptakan produk baru dan berbeda
•  Mengamati pintu peluang
•  Analisis produk dan proses produksi secara

   mendalam
• Menaksir biaya awal
• Memperhitungkan risiko yang mungkin

   Terjadi

Dalam dunia IT juga bisa di jadikan usaha,seperti membuka warnet dan pelayanan jasa.Wirausaha sebagai salah satu alternative bekerja dan membuka peluang kerja,IT merupakan bidang yang berkembang dan di butuhkan masyarakat,harus mempunyai kemampuan di bidang IT jika ingin membuka usaha yaitu

1. Kemampuan dalam bidang Penjualan (Salesmanship):

*Kemampuan dalam bidang teknis yg cukup baik mengenai produk atau solusi yang ditawarkan
*Pemahaman dalam bidang keuangan perusahaan (Accounting, Financial Report, Cash-flow management, dan lain-lain)
*Kemampuan dalam bidang Human-Relationship

2. Kemampuan yang harus di miliki soerang wirausahawan di bidang IT :

*Kemampuan dalam bidang Penjualan (Salesmanship)
*Kemampuan dalam bidang teknis yg cukup baik mengenai produk atau solusi yang ditawarkan
*Pemahaman dalam bidang keuangan perusahaan (Accounting, Financial Report, Cash-flow management,    dan lain-lain)
*Kemampuan dalam bidang Human-Relationship

Tidak ada komentar:

Posting Komentar