31 Januari 2013

Sukses bisnis jamur crispy


Jamur merupakan tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof.  Jamur ada yang multiseluler dan uniseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium. Reproduksi jamur, ada yang dengan cara vegetatif ada juga dengan cara generatif. Jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya untuk memperoleh makanannya. Setelah itu, menyimpannya dalam bentuk glikogen. Jamur merupakan konsumen, maka dari itu jamur bergantung padasubstrat yang menyediakan karbohidratproteinvitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligatparasit fakultatif, atau saprofit.

Cara hidup jamur lainnya adalah melakukan simbiosis mutualisme. Jamur yang hidup bersimbiosis, selain menyerap makanan dari organisme lain juga menghasilkan zat tertentu yang bermanfaat bagi simbionnya. Simbiosis mutualisme jamur dengan tanaman dapat dilihat pada mikoriza, yaitu jamur yang hidup di akar tanaman kacang-kacangan atau pada liken. Jamur berhabitat pada bermacammacam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme. Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakan dari kelas Oomycetes. Ref: Wikipedia

Bisnis makanan ringan yang terbuat dari jamur belum mereda. Karena pasar masih menjanjikan, banyak pemain bisnis ini yang menawarkan waralaba atau kemitraan. Salah satunya adalah membawa bendera Agung Nugroho P15 bisnis di Yogyakarta. Menawarkan kemitraan sejak sejak Juli 2009, tak lama setelah usahanya didirikan pada bulan Juli 2009. Hari ini, P15 memiliki 20 outlet telah mitra yang dimiliki sepenuhnya. Outlet mitra yang tersebar di Yogyakarta, Solo, Jember, dan Bengkulu.

P15 menyediakan menu olahan dengan sembilan rasa jamur renyah. Di antara mereka adalah rasa keju, original, barbeque, balado, sate panggang, ayam panggang, dan jagung pedas. Jamur renyah Besar diproses dijual dengan harga Rp 5.000 per saham. Dia mengklaim, jamur olahan yang sehat karena tidak memakai bahan kimia MSG atau lainnya. "Jamur dijamin renyah asli," katanya. Dalam kemitraan ini, ia menawarkan paket investasi sebesar USD 5,5 juta. Mitra akan menerima kolaborasi dua tahun, booth, dan peralatan masak. Ketika waktu habis kerjasama, mitra dapat memperpanjang hanya membayar Rp 700.000.

Penargetan Agung, mitra bisnis dapat meraup omzet minimal 4,5 USD juta per bulan. Dengan asumsi, mitra bisa menjual dalam sehari 20 sampai 40 porsi  jamur renyah. Dengan laba bersih sebesar 30% sampai 40% dari omset, omset diharapkan untuk bermitra dalam waktu enam sampai 12 bulan.Selain USD 5,5 juta paket, juga menawarkan paket master franchise, dengan biaya Rp 15 juta mulai investai, Rp 20 juta dan Rp 25 juta. "Semakin mahal master ftancise fasilitas yang tersedia," jelasAgung. Outlet waralaba Guru akan bertanggung jawab atas semua operasi di daerah itu.

Jadi nanti, mitra di wilayah tersebut akan membeli bahan baku tepung renyah menjadi master franchise. Jika tidak ada master franchise di wilayah tersebut, mitra harus membeli langsung ke kantor pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar