18 Januari 2013

Peluang Usaha Perawatan Tubuh


Perawatan tubuh layanan bisnis belum mereda. Terbukti, gerai perawatan tubuh, seperti salon dan spa semakin menjamur. Salah satu pemain dalam bisnis adalah Susi Yanti (30 tahun), yang membawa Day Spa merek Nel'S di Magelang, Jawa Tengah.

Berdiri April 2009, Day Spa Nel resmi menawarkan kemitraan pada tahun 2010. Saat ini, Day Spa Nel memiliki dua mitra yang terletak di Waterford dan Wonosobo, Jawa Tengah.
Dalam kemitraan ini, Day Spa Nel menawarkan paket investasi senilai USD 150 juta. Mitra akan menerima materi promosi seperti brosur dan spanduk, empat terapis, dan produk tubuh dan perawatan rambut.
Peralatan lain, seperti furnitur dan renovasi tempat, yang akan disiapkan oleh mitra. Menurut perkiraan Susi, mitra bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 35 juta hingga Rp 40 juta per bulan. Laba bersih sekitar 40% dari omset.

Dengan biaya royalti sebesar 5% dari omset bulanan, mitra diprediksi mencapai titik impas setelah satu tahun menjalankan bisnis.
Selain gaji, biaya operasional yang lebih tersedot untuk membeli produk perawatan tubuh seperti scrub, lulur, rempah-rempah, dan masker. Porsi 15% dari omset.
Mitra yang ingin bergabung harus menyiapkan area seluas 150 meter persegi. Tepat dapat dipartisi menjadi tiga wilayah ruang perawatan. Susie menyarankan agar mitra mencari rumah, bukan toko atau warung.
Alasannya, rumah telah menjadi ciri khas Day Spa Nel. Kami ingin pengunjung merasa senyaman mungkin, seperti berada di rumah, katanya.

Day Spa Nel menawarkan berbagai layanan perawatan rambut dan tubuh. Untuk perawatan tubuh terdiri dari layanan spa, sauna,, seratus totok vagina dan payudara, dan facial. Semua layanan ini disediakan untuk perempuan. Di luar itu, ada juga perawatan rambut layanan yang dapat dinikmati oleh pria dan wanita dari berbagai usia. Susi tingkat service set mulai dari Rp 25.000-Rp 250.000 satu pengobatan.
Menurut Susi, masih beberapa pemain yang menyediakan layanan perawatan pribadi, seperti totok totok vagina dan payudara. Oleh karena itu, ini peluang bisnis yang menjanjikan.
Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar menilai, perawatan tubuh bisnis layanan menjanjikan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Namun, menurut Anand, persaingan bisnis juga sangat ketat. Oleh karena itu, pilihan lokasi sangat penting bagi kelancaran bisnis. Letaknya yang strategis akan berada di kota itu. "Masalahnya, sewa mahal, terutama jika Anda harus menyewa rumah," katanya. Selain lokasi, masing-masing pemain juga harus gencar mempromosikan. "Misalnya, gratis 15 menit untuk pelanggan baru yang ingin mencoba,"  ujarnya.
Strategi ini juga penting untuk memperkuat merek. Hal lain yang harus dilakukan adalah untuk menjaga kualitas layanan. Selain keterampilan terapis, kebersihan tempat juga harus dipertimbangkan. "Seperti kain atau handuk harus selalu bersih," kata Anang.

2 komentar:

  1. terima kasih gan atas infonya, sangat bermanfaat. salam kenal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga sudah berkunjung dan salam kenal @

      Hapus