14 Januari 2013

Cara Mencegah Konflik di Grup


Menggunakan aturan dasar dalam lokakarya Anda difasilitasi

Bagaimana konflik dinyatakan?

Konflik dapat mengambil banyak bentuk dalam lokakarya kelompok. Kadang-kadang itu jelas dinyatakan bahkan sebelum Anda mulai. Di lain waktu dapat understated - tapi masih perlu ditangani.

Konflik Disajikan dalam suatu kelompok dapat terjadi ketika ada perbedaan pendapat yang ada atau ketegangan. Jika Anda tahu ini adalah kasus Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik di muka untuk situasi.

Namun, sering ada konflik terpendam yang dapat terjadi ketika Anda sedang memfasilitasi lokakarya. Ini dapat terjadi ketika kelompok baru saja dibentuk atau Anda belum bekerja dengan mereka sebelumnya.

Mendapatkan disiapkan

Either way, jika Anda membayangkan beberapa tantangan dalam mengelola kelompok, maka mungkin ada baiknya menetapkan beberapa peraturan dasar atau kontrak kelompok. Proses ini mendorong mereka untuk menetapkan standar mereka sendiri untuk apa yang diharapkan satu sama lain.

Dalam dunia yang ideal, begitu orang telah menyetujui aturan-aturan dasar kelompok harus 'pemerintahan sendiri'. Melalui perjanjian dengan tanah-aturan, kelompok akan sering menarik setiap pelaku ke jalur. Jika tidak, pengingat lembut tentang aturan-aturan dasar yang disepakati dapat menjadi alat yang hebat untuk menjaga proses lokakarya bergerak.

Dasar-dasar

Periksa latar belakang kelompok sebelumnya jika Anda tidak bekerja dengan mereka. Beberapa mungkin menemukan perlunya aturan-aturan dasar yang tidak perlu atau bahkan penghinaan

Jika ada beberapa 'topik panas' yang mungkin untuk membuat orang bersemangat, aturan dasar akan menjadi teman Anda!

Diri aturan

Anda dapat meminta kelompok untuk saran. Tanyakan bagaimana mereka ingin diperlakukan selama lokakarya atau bagaimana mereka ingin melihat 'terungkap' acara.

Sadarilah bahwa hal ini dapat mengakibatkan aturan-aturan dasar-samar & kadang-kadang tidak efektif - Anda mungkin perlu memiliki satu set bahwa Anda akan beroperasi dengan sebagai minimal & biarkan kelompok tahu ini

Pastikan bahwa setiap orang benar-benar setuju dengan 'aturan dasar' yang diusulkan. Sebuah pertanyaan yang baik adalah, "Bisakah kita hidup dengan ini?"

The 'tali'

Salah satu alat yang berguna untuk digunakan disebut 'menunjukkan tali', di mana tali membentuk aturan dasar untuk hari. Dengan tetap berpegang pada tali, peserta harus setuju untuk:

R espect - lain pendapat

O pena berpikiran - terbuka untuk ide-ide orang lain

P articipate - dalam proses

E Xperience - pastikan untuk berbagi apa yang mereka miliki

S hare udara - memberikan ruang semua orang dan pergi adil

The 'Above the Line' konsep

Saran lain adalah 'di atas garis' konsep. Ketika orang-orang 'di atas garis' mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka dan perilaku.

Mendorong orang untuk tinggal di atas garis akan membantu memperkuat beberapa objektivitas dalam pendekatan masyarakat. Berada di atas garis berarti Anda sedang mencari peluang dan masa depan fokus.

Orang yang duduk di bawah garis, cenderung menyalahkan orang lain atas situasi mereka atau membenarkan tindakan mereka (atau kurangnya mereka).

Menjadi bawah garis berarti Anda tidak bergerak - Anda tinggal di mana Anda berada - di bawah garis. Menjadi bawah garis juga berarti Anda terus-menerus melihat ke belakang pada waktu dan sering berkubang dalam isu-isu negatif bahwa Anda tidak memiliki pengaruh atas.

Ingin tahu lebih banyak? Apakah Anda memfasilitasi lokakarya? Atau mencari sumber daya lebih lanjut dan dukungan yang berkelanjutan?
Simak terus di Liberty Aries

Tidak ada komentar:

Posting Komentar