14 Januari 2013

Apa Peran Fasilitator?


Apa yang Anda maksud By Fasilitasi?

Artikel ini akan membantu Anda membangun keterampilan Anda sebagai fasilitator, manajer tim atau kelompok pekerja.

Kami ingin Anda merasa percaya diri ketika datang ke perencanaan dan memfasilitasi pertemuan, acara atau workshop. Kami akan membantu Anda mengatasi hambatan Anda temui - bahkan jika Anda menempatkan mereka di sana.

Jadi apa 'kemudahan' bagi Anda?

Mari kita lihat satu ini. Dalam pengalaman saya, fasilitasi sebagian proses mendapatkan jawaban. Jawaban yang akan membantu orang belajar, membuat perubahan, membuat keputusan dan menetapkan tujuan. Untuk menjadi fasilitator yang baik, Anda harus berusaha untuk menjadi baik mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban TIDAK.

Fasilitator juga mendorong komunikasi untuk membangun pemahaman dan memungkinkan orang untuk belajar dari satu sama lain.

Ada beberapa definisi untuk fasilitator termasuk:

• "Seorang individu yang memungkinkan kelompok-kelompok dan organisasi untuk bekerja lebih efektif,. Untuk berkolaborasi dan mencapai sinergi Dia adalah partai 'konten netral' yang, dengan tidak memihak atau mengungkapkan atau menganjurkan sudut pandang selama pertemuan, dapat mendukung untuk adil, prosedur terbuka, dan inklusif untuk menyelesaikan pekerjaan kelompok. " - Doyle

Ungkapan, 'konten netral', sering muncul, tapi bagaimana Anda berlatih ini jika Anda bekerja dalam sebuah organisasi, sebagai pemimpin tim atau memiliki pengetahuan profesional yang cukup tentang topik? Pada waktu itu, Anda mungkin akan diminta untuk memainkan peran seorang pemimpin fasilitatif.

Mari kita membongkar yang sedikit dengan melihat pandangan lain:

• Seorang fasilitator adalah pihak ketiga - seorang pemimpin fasilitatif adalah seseorang yang merupakan bagian dari kelompok.

• Seorang fasilitator tetap substansial netral - seorang pemimpin fasilitatif menjadi sangat terlibat dalam substansi kerja kelompok.

• Seorang fasilitator adalah seorang ahli proses tapi bukan sumber daya informasi atau ahli konten - seorang pemimpin fasilitatif adalah seorang ahli dalam proses maupun isi.

• Seorang fasilitator tidak memiliki wewenang pengambilan keputusan - seorang pemimpin fasilitatif tidak.

Perbedaan berarti bahwa fasilitator dan pemimpin fasilitatif menggunakan nilai-nilai inti yang sama dan prinsip-prinsip, tetapi menerapkannya dengan cara yang berbeda, sesuai dengan peran mereka.

Cara lain untuk menangani permintaan ini ganda adalah untuk memfasilitasi proses kelompok dengan cara yang netral, yang memungkinkan kelompok untuk bergerak menuju keputusan.

Ketika informasi spesifik yang diperlukan oleh kelompok, dan Anda, fasilitator, percaya bahwa informasi yang Anda bisa sinyal bahwa Anda melangkah keluar dari peran fasilitator dan masuk ke peran konten informasi. Setelah memberikan informasi, mengumumkan bahwa Anda sedang melangkah kembali ke peran fasilitator.

Artikel ini merupakan sebuah snapshot dari hanya beberapa dari nilai Anda akan mendapatkan melalui Lingkaran Fasilitator batin. Sebagai permulaan Anda dapat mengakses mingguan Anda 'Tip Fasilitasi' yang siap untuk diterapkan. Anda juga dapat mengambil sejumlah berharga 'bagaimana artikel' dari website kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar