16 Desember 2012

Dasar-dasar dalam Mengobati Ikan Air Tawar Aquarium Yang Sakit


Semua makhluk dapat menderita penyakit setiap sekarang dan kemudian, dan sangat banyak diterapkan pada akuarium ikan air tawar. Jika Anda melihat ada kelainan pada perilaku dan penampilan ikan Anda, adalah bijaksana untuk segera mengisolasi dari akuarium untuk mencegah wabah dari terjadi yang bisa berakibat fatal untuk ikan lainnya hadir dalam akuarium Anda. Setelah beberapa prosedur juga akan membantu dalam mengobati ikan sakit.


Setelah mengamati bahwa ada sesuatu yang salah dengan ikan air tawar akuarium Anda, pastikan bahwa lingkungan di tangki ikan Anda dalam kondisi baik. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa tingkat pH dan amonia dari air, pastikan bahwa semua peralatan diaktifkan dan bekerja dengan baik, memantau ikan lain untuk perilaku agresif, dan mencari adanya kelainan pada bagian luar ikan Anda. Jika ada kelainan tertentu seperti luka atau infeksi jamur (misalnya ich), karantina ikan yang sakit dalam tangki rumah sakit.

Tangki rumah sakit hanyalah sebuah tangki tanpa tanaman hidup dan tidak ada substrat di bagian bawah, meskipun ada variasi untuk cara mengatur tangki rumah sakit. Ini juga memiliki sistem filter yang lebih kecil dan memiliki pemanas bekerja dan batu udara. Ini harus memiliki lampu redup dan harus ditempatkan di dalam ruangan gelap. Kondisi air dalam tangki rumah sakit harus mirip dengan tangki di mana ikan itu berasal.

Mentransfer ikan memerlukan tangki rumah sakit untuk siap serta dua ember air dengan setidaknya dua setengah galon air di dalamnya. Jangan lupa untuk membuat air mirip dengan air dari tangki. Scoop ikan dengan jaring dan menempatkannya di dalam ember pertama. Tambahkan tiga-delapan sendok teh non-yodium garam per galon di ember ini, dan melakukan hal ini setiap dua menit setelah lima kali. Setelah itu, transfer ke ember berikutnya dan menambah sendok teh tiga-delapan garam per galon setelah 15 menit biarkan ikan tinggal di sana selama setidaknya setengah jam. Pastikan wadah baik diangin-anginkan. Pengobatan garam tidak sesuai untuk semua ikan terutama ikan tanpa sisik.

Sekarang saatnya untuk memperkenalkan ikan ke tangki rumah sakit. Lanjutkan mengamati ikan sementara memperlakukan air tepat, dan karantina untuk minimal sepuluh hari. Terapkan segala bentuk pengobatan sesuai berdasarkan diagnosis Anda.

Ketika ikan air tawar akuarium adalah kembali ke kesehatan dan siap untuk kembali ke akuarium asli, mensterilkan tangki rumah sakit dengan menambahkan larutan encer dari asam klorida di dalamnya dan membiarkannya berdiri selama setidaknya dua hari. Setelah itu, bersihkan tangki dan lagi mengaturnya dengan filtrasi yang tepat dan aerasi. Dengan cara ini, ikan sakit berikutnya akan siap untuk mengkarantina dalam tangki rumah sakit. Banyak penggemar air tawar akuarium tidak menggunakan tank rumah sakit, dan kadang-kadang memperlakukan seluruh tangki mereka untuk penyakit. Hal ini dapat bekerja dalam beberapa situasi, tetapi berhati-hati dari efek samping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar