21 Desember 2012

10 Gizi Dan Manfaat Rumput Laut

ARTIKEL TERKAIT
Tahukah Anda Gizi Dan Manfaat Rumput Laut? 
Manfaat rumput laut yang bermanfaat bagi kesehatan. Tapi Mencari rumput laut tumbuh agak sulit, tapi sekarang banyak produk olahan rumput laut yang dijual di pasar dengan banyak industri yang mengolahnya baik dalam bentuk makanan atau obat-obatan, seperti rumput laut manisan, agar rumput laut, suplemen dan obat-obatan yang terbuat dari rumput laut dasar.


Manfaat Rumput Laut Sebagai berikut:
Mencegah Kanker: Makan rumput laut yang kaya akan serat, selenium dan seng dapat mengurangi estrogen. Diduga kadar estrogen yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kanker. Studi dari pasien kanker di Amerika Serikat menunjukkan bahwa wanita yang melakukan diet ketat dengan mengkonsumsi serat tinggi dan mengurangi asupan lemak dari daging dan susu memiliki tingkat estrogen yang rendah. Hal ini didukung oleh hasil penelitian di Harvard School of Public Health Amerika telah membuktikan bahwa pola konsumsi wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dietnya, menyebabkan wanita premenopause di Jepang memiliki tiga kali lebih sedikit kesempatan untuk mengembangkan kanker payudara daripada Amerika perempuan.

Mencegah Stroke Penyakit: rumput laut Eating dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh sehingga dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada seseorang.
Mencegah penuaan dini dan menjaga kulit yang sehat dan mulus: Kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan enzim dalam potensi rumput laut sebagai anti-oksidan yang berperan dalam penyembuhan dan peremajaan kulit. Vitamin A (beta karoten) dan vitamin C bekerja sama dalam menjaga kolagen, sedangkan kandungan protein rumput laut adalah penting untuk membentuk jaringan baru di kulit.
Mencegah penurunan kecerdasan: Kandungan yodium dalam rumput laut yang sangat tinggi untuk mengatasi kekurangan yodium dalam tubuh yang berdampak pada pengurangan kecerdasan seseorang.
Sebagai Diet Makanan: Serat yang mengisi rumput laut dan karbohidrat kolot yang akan menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat rumput laut juga dapat membantu memperlancar proses metabolisme lemak sehingga mengurangi resiko obesitas, menurunkan kolesterol darah dan gula darah.
Sebagai Anti-Oksidan dan kekebalan Meningkatkan: Kandungan klorofil dan vitamin C pada rumput laut (ganggang hijau) berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah sistem kekebalan yang kuat akan gejala alergi menguruangi.
Mencegah Gejala Osteoporosis: Rumput laut mengandung kalsium sepuluh kali lebih banyak dibandingkan susu, sehingga rumput laut sangat tepat dikonsumsi untuk mengurangi gejala dan mencegah osteoporosis.
Mencegah Gangguan Penyakit Pencernaan: Rumput laut juga membantu mengobati tukak lambung, radang usus, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.
Lain lain: Selain makanan bergizi sebagai bahan, rumput laut telah banyak digunakan sebagai bahan untuk obat-obatan dan suplemen makanan dan produk makanan yang diperkaya untuk meningkatkan nilai jual produk. Jenis rumput laut yang banyak digunakan untuk pembuatan obat sangat sargasum dan Turbinaria ganggang coklat. Pengolahan jenis ekstrak rumput laut menghasilkan senyawa natrium alginat. Senyawa alginat inilah yang dimanfaatkan dalam pembuatan obat antibakteri, anti-tumor, menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatasi gangguan kelenjar.

Gizi isi Rumput Laut
Rumput laut memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Kimia rumput laut terdiri dari air (27,8%), protein (5,4%), karbohidrat (33,3%), lemak (8,6%) serat kasar (3%) dan abu (22,25%). Selain karbohidrat, lemak protein, dan serat, rumput laut juga mengandung enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A, B, C, D, E dan K) dan mineral makro seperti nitrogen, kalsium oksigen, dan mikro-mineral seperti selenium dan zat besi, magnesium dan natrium. Isi amino, vitamin dan mineral asam, rumput laut mencapai 10 -20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman darat.

8 komentar: