24 November 2012

TIPS TANAMAN SEGAR SETIAP HARI


Bila  berencana mau liburan bersama keluarga ke  luar kota dan meninggalkan tanaman kesayangan  di rumah untuk beberapa hari, tentu menjadi beban pikiran jika  tidak ada orang yang mengurus tanaman tersebut.
Untuk menjaga tanaman kesayangan  tetap hidup selama ditinggal mudik, cobalah cara dibawah ini agar tanaman  tetap hidup dan berkecukupan air :
- Ambil plastik putih ukuran satu kilo, lalu isi dengan air dan gantung disisi tanaman dan posisikan ujung plastik bagian bawah tepat berada di atas media tanaman dengan jarak 1 hingga 5 cm. Ujung plastik  ditarik hingga mengerucut, lalu di ujung plastik tersebut diberi lubang halus / ditusuk dengan jarum, sehingga air akan menetes perlahan kemedia tanaman. Bisa juga dengan menggunakan jarum dan selang infus yang pengerluaran airnya dapat diatur sedemikian rupa hingga air yang menetes ke media tanaman jatuh secara bertahap.

- Atau dapat juga dengan cara menyemprotkan hormon ke tanaman yang akan ditinggal.

Berikut juga ada tips Kate Law dari proflowers.com, bagaimana mempertahankan agar bunga tetap segar hingga berminggu-minggu.
                                                                                   1. Tuang air matang dan tambahkan sedikit pupuk dalam vas.
2. Potong ujung tangkai bunga atau tanaman dengan bentuk diagonal. Gunakan pisau yang tajam agar ujung tangkai terpotong sempurna dan membuat tangkai bisa menyerap air.
3. Buang daun yang terlihat layu atau bisa terendam air.
4. Jauhkan vas dari terpaan langsung sinar matahari  yang bisa membuat tanaman jadi layu. Letakkan di tempat yang sejuk.
5. Ganti air di vas setiap 3-4 hari sekali. Potong ujung tangkainya 1/2 inci setiap mengganti air.
6. Tuang air setengah isi vas, kemudian beri 1/2 sendok teh air soda lemon dan gula. Campuran bahan itu akan membantu bunga tetap bisa mekar dan lama layunya. Selain itu juga bisa membunuh bakteri dalam vas.

Demikian tips informasi agar tanaman tidak cepat layu dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Referensi :
-Hidup Sehat
-http://www.tabloidnova.com/Nova/Griya/Tips-Griya/Tips-Agar-Tanaman-Tetap-Segar-Ditinggal-Mudik
-http://female.kompas.com/read/2010/02/14/11510952/membuat.bunga.segar.tidak.cepat.layu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar