27 November 2012

Tips Menghindari Gaya Hidup Tidak Sehat


Dibawah ini merupakan beberapa kesalahan-kesalahan atau ketidak teraturan pola makan dan perhatian dari kesehatan makanan yang berakibat buruk dari kesehatan yang umumnya terjadi pada mahasiswa atau orang yang hidup kos-kosan sekolah. 

1. Makan sebelum tidur

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa makan sebelum tidur mampu menyebabkan bertambahnya berat tubuh seseorang, akan tetapi menyantap makanan terlalu banyak atau menyantap makanan pedas, berlemak dan minum kafein minimal 3 jam sebelum tidur mampu mengurangi kualitas dan lamanya tidur lelap yang seharusnya kita dapatkan. Akibatnya, esok hari Kita terbangun dengan tubuh lemas, lunglai dan tak bersemangat. Para ahli mengatakan bahwa menyantap makanan berlemak sebelum tidur mampu membuat kerja lambung menjadi lebih lambat sehingga makanan masih tetap tertinggal di lambung pada saat kita tidur. Sedangkan menyantap makanan pedas sebelum tidur mampu membuat perut Kita serasa “terbakar” menjelang saat tidur. 

2. Melewatkan sarapan

Sebagian orang masih belum menyadari arti pentingnya sarapan. Mungkin bagi sebagian orang, sarapan berarti hanya mengisi makanan ke perut saja.

Padahal fungsinya tidak hanya sebatas menjaga agar lambung tidak kosong saja, namum juga demi meningkatkan energi dan konsentrasi pada otak dan tubuh. Sarapan juga membantu Kita agar tidak makan terlampau banyak pada siang hari.

3. Makan sambil kegiatan lain

Selain terlihat tidak sopan, makan sambil berbicara di telepon, bermain internet atau yang lebih parah lagi, menonton TV secara tak sadar dapat membuat makan lebih banyak. Jika melakukan hal ini, jangan heran jika angka timbangan kita terus bertambah. Makan sambil melakukan kegiatan lain, mampu membuat Kita mengabaikan jumlah kalori yang Kita makan. Apalagi jika kita mengonsumsi makanan favorit. Biasanya lebih sulit lagi menghentikan jumlah kalori yang terus masuk ke tubuh.

4. Kurang minum air putih

Ternyata Air putih sangat penting bagi kehidupan setiap makhluk hidup di bumi. Akan tetapi yang tak diketahui oleh banyak orang adalah sedikitnya minum air putih. Kurang minum air putih ternyata dapat membuat proses metabolisme tubuh terganggu, contohnya adalah tubuh membutuhkan air untuk membakar kalori, jika kita kurang minum air putih, otomatis proses pembakaran tak berjalan lancar. Dan sebaiknya, minum banyak air putih setiap hari. Para ahli menganjurkan minum air putih minimal 8-10 gelas perhari demi menjaga kesehatan. Jika selama ini kita senang minum soda, kopi atau minuman lain, alangkah baiknya jika kita menyingkirkan semua itu dan menggantinya dengan minum air putih. Biasakan diri untuk meminum segelas air putih setelah bangun dari tidur.

5. Kurang menyantap sayur dan buah
Makanan dengan rasa sayur atau buah tidak dapat digolongkan dalam kategori sayur dan buah. Contohnya adalah permen, berondong jagung, keripik pisang, dll. Para ahli menganjurkan untuk menyantap minimal 5 jenis buah atau sayuran per hari. Jika kurang suka menyantap buah dan sayur, kita dapat membuatnya menjadi aneka jus yang menarik. Jangan lupa tubuh membutuhkan vitamin yang berasal dari sayuran dan buah-buahan, karena itu sayangilah tubuh kita.

Pola hidup mahasiswa menikmakti makan siang di kantin sambil melepas lelah

Tips Pola Makan Sehat bagi Mahasiswa atau siswa
Alangkah baiknya, anda mulai menerapkan gaya hidup sehat, mumpung masih muda. Kondisi atau tuntutan belajar anda tak boleh mengorbankan urusan kesehatan.
Berikut ini beberapa tips yang bermanfaat bagi mahasiswa yang berkomitmen untuk menjalankan pola hidup sehat

1. Makanlah sesuai waktunya

Makan tiga kali sehari dengan cemilan di antaranya adalah cara terbaik untuk mempertahankan berat badan dengan sehat. Kalau kamu melewatkan sarapan atau makan malam, kamu justru akan lebih kelaparan dan cenderung makan lebih banyak dengan makanan yang tidak sehat.

2. Konsumsi buah dan sayuran yang beraneka warna

Banyak manfaat mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, sebaiknya anda mengganti kebiasaan jajan ada pada makanan yang kurang bermanfaat bagi tubuh, dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

3. Makan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang

Selain karbohidrat (nasi, roti, pasta), juga konsumsi protein (daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak), lemak (ikan, kacang, salad dressing rendah lemak, alpukat), juga buah dan sayur dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.

4. Biasakan membawa bekal

Selain menghemat uang jajan, membawa makan siang dari rumah akan menghemat waktumu dengan tidak perlu mengantri di outlet makanan dan tentunya gizi yang terkandung sangat baik karena makanan yang dibuat sendiri.


5. Pilih makanan yang dipanggang atau direbus, bukan digoreng

Dibandingkan makanan yang dipanggang atau direbus, makanan yang digoreng mempunyai 50% kalori atau lemak lebih banyak.

6. Mengemil dengan sehat

Salah satu cemilan sehat adalah buah dan sayur. Selain kaya serat, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kamu. Supaya tidak bosan, variasikan dengan yogurt buah, jus, atau salad.

7. Kurangi fast food

Kalori dalam fast food berukuran besar akan ditumpuk menjadi lemak dan mengakibatkan naiknya berat badan2. Kebanyakan fast food juga kaya akan lemak jenuh, gula, garam, dan kurang nutrisi penting vitamin dan mineral.

8. Hindari soft drink

Minuman ini tidak mengandung vitamin, mineral, protein atau serat. Daripada minum soft drink dengan hanya mendapatkan asupan karbohidrat, lebih baik minum susu dengan kandungan nutrisi yang lebih beragam, terutama nutrisi kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.


Demikian Tips hari ini, silakan diterapkan dan Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Referensi :
-Badan Kesehatan RI
-http://www.makanansehat.web.id/2012/11/gaya-hidup-mahasiswa-tidak-sehat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar