6 Oktober 2012

MENINGKATKAN SEMANGAT BISNIS



Seorang pebisnis memang tidaklah mudah, perlu adanya kreatifitas dan inovasi. Apalagi seorang pebisnis yang baru memulai bisnisnya. Memulai bisnis juga harus dengan keinginan yang kuat untuk maju dan bersemangat  dalam menjalankan bisnis.
Benjamin Disraeli, seorang Perdana Menteri Inggris abad ke-19 pernah berkata, “Manusia hanya besar ketika ia bertindak dari semangat
Berikut ini  pendapat beberapa pakar bagi calon pebisnis untuk menjelajahi jalan kreativitas untuk menemukan semangat dalam berbisnis.

1. Tinjau ulang masa kecil Anda. Apa yang Anda senang lakukan?

                  “Sungguh menakjubkan betapa terputus kita menjadi hal-hal yang membawa kita kesenangan dalam mendukung apa yang praktis,” kata Rob Levit, seorang pakar kreativitas Annapolis, serta pembicara dan konsultan bisnis.
Levit menyarankan membuat daftar semua hal yang Anda ingat menikmati sebagai seorang anak. Apakah Anda menikmati aktivitas itu sekarang? Misalnya, Frank Lloyd Wright, arsitek terbesar Amerika, bermain dengan balok kayu sepanjang masa kecil dan mungkin juga melewatinya.
“Penelitian menunjukkan bahwa ada banyak untuk ditemukan dalam bermain, bahkan sebagai orang dewasa,” kata Levit.
Kembali beberapa kegiatan positif, makanan dan peristiwa masa kecil. Levit menyarankan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini untuk memulai: Apa yang dapat diterjemahkan dan ditambahkan ke dalam hidup Anda sekarang? Bagaimana pengalaman-pengalaman masa lalu membentuk pilihan karir Anda sekarang?

2.  Membuat sebuah papan “kreativitas”

                   Mulailah dengan mengambil sebuah papan poster besar, menempatkan kata-kata “Bisnis Baru” di tengah dan menciptakan sebuah kolase dari gambar, ucapan, artikel, puisi dan inspirasi lainnya, menunjukkan Michael Michalko, seorang pakar kreativitas yang berbasis di Rochester, NY, dan Naples, Florida, dan penulis buku kreativitas dan peralatan, termasuk ThinkPak (Sepuluh Kecepatan Press, 2006).
“Ide di balik ini adalah bahwa ketika Anda mengelilingi diri Anda dengan gambar niat Anda – yang Anda ingin menjadi atau apa yang ingin Anda buat – kesadaran dan semangat akan tumbuh,” kata Michalko.
Sebagai forum Anda berkembang dan menjadi lebih terfokus, Anda akan mulai mengenali apa yang hilang dan membayangkan cara-cara untuk mengisi kekosongan dan mewujudkan visi Anda.

3. Buatlah daftar orang-orang  yang sukses menurut keinginan Anda
 
                  Anda tidak perlu menciptakan roda. Pelajari orang yang telah sukses di daerah Anda Sebagai contoh, selama resesi, banyak orang menghindar dari pasar real estat karena mereka pikir itu jalan buntu. Levit percaya bahwa adalah waktu yang tepat untuk melompat – ketika orang lain kebanyakan menyerah – karena tidak peduli bisnis, ada orang yang sukses di dalamnya. Studi mereka, mencari tahu bagaimana dan mengapa mereka bisa tetap sukses ketika semua orang sedang lipat dan kemudian mendirikan struktur untuk meniru mereka.
“Jika Anda ingin menjadi kreatif, membuat rencana yang ketat dan formal,” kata Levit. “Ini bukan rencana yang kreatif, melainkan proses yang Anda melewati yang membuka begitu banyak kemungkinan”

4. Mulailah melakukan apa yang Anda sukai, bahkan tanpa rencana bisnis 

                   Banyak orang menunggu sampai mereka memiliki rencana bisnis yang luas ditulis, bersama dengan investor malaikat yang ingin membuang kas pada mereka – dan ide-ide mereka tidak pernah melihat terang hari, menurut Cath Duncan, Calgary, Kanada berbasis pakar kreativitas dan kehidupan pelatih yang       bekerja dengan pengusaha dan profesional lainnya.
Dia merekomendasikan melakukan apa yang Anda nikmati – bahkan jika Anda belum menemukan cara untuk uang itu. Uji apa yang mungkin ingin bekerja di daerah yang Anda sukai, membangun jaringan bisnis Anda dan meminta umpan balik yang akan membantu Anda mengembangkan dan memperbaiki rencana bisnis.
Ini adalah cara untuk tidak hanya menunjukkan nilai yang akan Anda bawa, tetapi Anda juga bisa mendapatkan testimonial yang akan membantu memulai bisnis Anda ketika Anda siap untuk membuatnya resmi.
“Mungkin yang paling penting, meskipun, itu akan bergeser Anda keluar dari kelumpuhan dan ketakutan,” kata Cath, “dan kegembiraan saat melihat perbedaan kontribusi Anda membuat akan bahan bakar kreativitas Anda”

5. Beristirahatlah dari pemikiran bisnis

                   Meski mungkin merasa tidak nyaman untuk melangkah keluar dari modus bisnis, pikiran kadang-kadang membutuhkan istirahat dari seperti garis dasar pemikiran, kata Levit, yang baru saja diambil haiku Jepang, suatu bentuk puisi. Mungkin bagi Anda, maka akan menulis kreatif, melukis, berjalan atau bahkan berkebun.
Setelah Anda mengambil liburan mental terlibat dalam sesuatu yang Anda sukai, Levit menyarankan kembali ke jurnal dan menulis ide bisnis apa pun yang muncul dalam pikiran.
“Anda akan takjub melihat betapa segar ide-ide Anda,” katanya. “Melihat hal-hal indah seni dan alam menciptakan hubungan yang sering kita lalai untuk melihat Perhatikan mereka menangkap, mereka secara tertulis dan menggunakannya”.

Sumber : Marketing.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar