12 Oktober 2012

Ketahui Biografi Jet Li



Jet Li adalah seorang aktor dan seniman bela diri. Pada usia 11 tahun, Li memenangkan kejuaraan nasional pertama di wushu. Li pensiun dari olahraga ketika ia berusia 17 dan membuat debut filmnya di Shaolin Temple, membuatnya menjadi bintang di negara asalnya. Sejak tahun 1994, dia telah pergi bolak-balik antara film Cina dan bahasa Inggris, dibintangi Romeo Must Die Hollywood, Kiss of the Dragon.

Aktor, seniman bela diri ini Lahir Li Lian Jie pada tanggal 26 April 1963, di Hebei, Cina. Anak bungsu dari lima bersaudara, dia kehilangan ayahnya ketika dia hanya 2 tahun. Pada usia 8 Li mulai belajar wushu, suatu bentuk seni bela diri. Memperhatikan bakatnya, keluarganya mengirimnya untuk melanjutkan studinya di sekolah khusus. "Saya berasal dari keluarga yang sangat miskin dan kami tidak punya cukup uang untuk sekolah yang baik, sehingga olahraga sekolah itu baik, itu memberi saya makanan yang baik dan kesempatan keluar dari Cina," Li kemudian menjelaskan kepada Otot & majalah Fitness.
Pada tahun 1994, Li mendarat pertama berbahasa Inggris peran, memainkan penjahat di Lethal Weapon 4 dengan Mel Gibson dan Danny Glover. Dia pindah ke Los Angeles untuk film, di mana ia menjalani pelatihan bahasa intensif untuk mempersiapkan perannya sebagai bos kejahatan Cina. Ini film action, terutama adegan dengan Li, penonton film senang.

           Li bekerja sama dengan rapper DMX dan penyanyi Aaliyah untuk Romeo Must Die (2000) hip-hop-memenuhi-bela diri-seni mengambil kisah klasik cinta muda, Romeo dan Juliet. Li dan Aaliyah bermain bintang-menyeberang pecinta dari dua keluarga kejahatan berperang. Film ini mencetak besar di box office, penghasilan sekitar $ 100 juta. Pada tahun 2001, Li co-bintang dengan Bridget Fonda di Kiss of the Dragon disutradarai oleh Luc Besson. Dia membantu mengembangkan cerita untuk film, yang menceritakan kisah seorang perwira intelijen bersalah keluar untuk membersihkan namanya dengan bantuan seorang pelacur (diperankan oleh Fonda). Seorang kritikus untuk The New York Times memuji bagian dari film, menulis "urutan tindakannya seperti api minyak, tumpah dari satu ruangan ke depan dan pencahayaan interior dengan panas dan reruntuhan. Li dan koreografer friksi nya, Corey Yuen , telah menetapkan standar baru untuk tindakan di sini. "


            Pada tahun yang sama, Li membintangi kisah fiksi ilmiah berbelit-belit, One. Ia memainkan dua karakter utama, seorang sheriff California curiga dan pembunuh kejam yang bergerak melalui dunia paralel untuk menghilangkan versi lain dari dirinya sendiri. Film ini menyorot oleh kritikus untuk plot membingungkan dan akting yang lemah. Selanjutnya, ia bekerja dengan sutradara Yimou
Zhang di Hero drama sejarah Cina, di mana Li memainkan seorang prajurit di Cina abad ke-3. Film ini dirilis di China pada tahun 2002, dan meraih nominasi Academy Award untuk Film Asing Terbaik. Dia kemudian bertemu kembali dengan DMX untuk Cradle thriller kejahatan tahun 2003 2 Grave, yang menerima ulasan miskin dan respons hangat dari film-penonton.

Tahun berikutnya, Jet Li sedang berlibur di Maladewa saat tsunami menghantam. Secara luas dilaporkan bahwa ia telah meninggal selama bencana. Namun, ia hanya menderita cedera kaki ringan sambil membimbing 4-tahun putrinya untuk keselamatan.

            Aman dan kembali di layar lebar, Li selanjutnya membintangi Unleashed (2005). Ia memainkan seorang pria yang merupakan mesin pembunuh tawanan untuk keluarga kejahatan. Karakter dilatih untuk menjadi kekerasan setelah kerahnya telah dihapus. Untuk mempersiapkan peran, Li bekerja dengan seorang pelatih akting. "Kami pergi untuk melihat anjing liar di pound [untuk melihat] ketika mereka lapar, ketika mereka sedang marah ... Saya menghabiskan beberapa hari di lokasi di malam hari, dengan hanya roti dan air, sehingga saya bisa merasakannya, "Li menjelaskan kepada Otot & majalah Fitness. Film ini dilakukan baik di box office, pembukaan di No 3 di bioskop.

            Dalam film berikutnya, Fearless (2006), Li membintangi sebagai Cina terkenal menguasai seni bela diri Huo Yuanjia. Film ini menceritakan kisah nyata dari pengalaman mendekati kematian Yuanjia itu, hilangnya tragis keluarganya, dan kemenangan kemenangannya atas lawan asing dalam kompetisi seni bela diri. Kritik Leonard Maltin menyebutnya "emosional dan visual mencolok." Fans juga menikmati film, membantu mencapai No 2 di box office pada akhir pekan pembukaannya.

Li kemudian memainkan Rogue, seorang pembunuh yang mematikan, dalam Perang (2007). Dalam film itu, Li memainkan karakter yang dikejar oleh mitra dari agen FBI ia dibunuh. Kritikus menyorot film, dan itu diterima hanya $ 22 juta di box office. Pada tahun yang sama, Li membintangi film China The Warlords disutradarai oleh Peter Chan.

             Dalam The Forbidden Kingdom (2008), Li memiliki peluang kerja dengan bintang lain seni bela diri terkemuka, Jackie Chan. Film, bagaimanapun, terbukti menjadi kekecewaan. Seperti San Francisco Chronicle kritikus Peter Hartlaub menulis, "Film ini juga cukup menjawab pertanyaan mengapa Chan dan Li belum melakukan film bersama dalam kolektif mereka 55 tahun karir: Chan adalah aktor yang jauh lebih baik Adapun pertempuran, dan. film, itu cukup banyak hasil imbang. "


Pekerjaan terakhir:
               Li memiliki lebih beruntung dengan sekuel aksi Hollywood The Mummy: Tomb of Kaisar Naga (2008). Dalam angsuran terbaru dalam The Mummy waralaba, Li memainkan kaisar Cina brutal, dikuburkan dengan 10.000 tentara terra cotta, yang terbangun dari tidur abadi oleh petualang muda (Luke Ford). Brendan Fraser dan Maria Bello bermain orang tua petualang itu yang membantunya melawan kaisar jahat. Meskipun diejek oleh para kritikus, film ini mencetak gol dengan penggemar action. Hal ini membawa lebih dari $ 100 juta di box office.

               Melanjutkan untuk bergerak bolak-balik antara produksi Hollywood dan film bahasa Cina, Li akan muncul dalam dua film mendatang. Dia bintang di Ocean Paradise, drama ayah-anak Tionghoa. Li juga memiliki peran pendukung dalam film berikutnya Sylvester Stallone, The Expendables, tentang tentara bayaran yang bekerja sama untuk menggulingkan seorang diktator Amerika Selatan. Pemain juga termasuk Jason Statham, Dolph Lundgren, pegulat Steven Austin, dan akhir tempur Randy Couture.

Dan Li telah menikah dengan istrinya Nina sejak tahun 1999. Pasangan ini memiliki dua anak perempuan bersama-sama. Sebelumnya menikah dengan Qiuyan Huang 1987-1990, Li memiliki dua anak perempuan dari pernikahan pertamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar