1 Agustus 2012

Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur


Apakah yang dimaksud dengan Struktur Atom itu?
Struktur atom merupakan satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom beserta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdapat campuran proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (terkecuali pada Hidrogen-1 yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Demikian pula sekumpulan atom dapat berikatan satu sama lainnya membentuk sebuah molekul.

Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.
Istilah atom berasal dari Bahasa Yunani, yang berarti sesuatu yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Konsep atom sebagai komponen yang tak dapat dibagi-bagi lagi pertama kali diajukan oleh para filsuf India dan Yunani.


Elektron yang terikat pada atom mengandung sejumlah aras energi, ataupun orbital, yang stabil dan dapat mengalami transisi di antara aras tersebut dengan menyerap ataupun memancarkan foton yang sesuai dengan perbedaan energi antara aras. Elektron pada atom menentukan sifat-sifat kimiawi sebuah unsur dan memengaruhi sifat-sifat magnetis atom tersebut.


Para ilmuwan segera menyadari bahwa model planet merupakan deskripsi akurat tentang struktur atom. Mereka belajar bahwa elektron hanya bisa menempati orbit tertentu (biasanya disebut sebagai tingkat energi atau kerang) di sekitar inti. Mereka juga menemukan bahwa hanya sejumlah tertentu elektron bisa muat dalam setiap tingkat energi.

Untuk benar menempatkan elektron di sekitar inti, Anda akan perlu lihat tabel konfigurasi elektron unsur Anda. Untuk menemukan tabel konfigurasi elektron unsur Anda, pergi ke Tabel Periodik Unsur, klik pada elemen Anda dan gulir ke bawah halaman. Jika Anda tidak tahu cara membaca tabel konfigurasi elektron, membaca 'Bagaimana cara membaca tabel konfigurasi elektron? "halaman bantuan.

Menurut tabel konfigurasi elektron nitrogen, atom nitrogen berisi dua elektron pada tingkat energi pertama dan lima elektron pada tingkat energi kedua. Model Bohr dari atom nitrogen bisa terlihat seperti ini:

Model Atom John Dalton
Pada tahun 1808, John Dalton yang merupakan seorang guru di Inggris, melakukan perenungan tentang atom. Hasil perenungan Dalton menyempurnakan teori atom Democritus. Bayangan Dalton dan Democritus adalah bahwa atom berbentuk pejal. Dalam renungannya Dalton mengemukakan postulatnya tentang atom:
1. Setiap unsur terdiri dari partikel yang sangat kecil yang dinamakan dengan atom
2. Atom dari unsur yang sama memiliiki sifat yang sama
3. Atom dari unsur berbeda memiliki sifat yang berbeda pula
4. Atom dari suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain dengan reaksi kimia, atom tidak dapat dimusnahkan dan atom juga tidak dapat dihancurkan
5. Atom-atom dapat bergabung membentuk gabungan atom yang disebut molekul
6. Dalam senyawa, perbandingan massa masing-masing unsur adalah tetap
Teori atom Dalton mulai bersemangat dan berminat terhadap penelitian mengenai model atom. Namun, teori atom Dalton memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik. Bagaimana mungkin bola pejal dapat menghantarkan arus listrik padahal listrik adalah elektron yang bergerak. Berarti ada partikel lain yang dapat menghantarkan aruslistrik.

Model Atom J.J. Thomson
Kelemahan dari Dalton diperbaiki oleh JJ. Thomson, eksperimen yang dilakukannya tabung sinar kotoda. Hasil eksperimennya menyatakan ada partikel bermuatan negatif dalam atom yang disebut elektron. Thomson mengusulkan model atom seperti roti kismis atau kue onde-onde. Suatu bola pejal yang permukaannya dikelilingi elektron dan partikel lain yang bermuatan positif sehingga atom bersifat netral. Gambar atom model Thomson :
Kelemahan model Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.

Sumber : Wikipedia & education.jlab


Liberty Aries

Tidak ada komentar:

Posting Komentar