30 Juli 2012

PSIKOLOGI ANALITIS ANDRAS ANGYAL

ARTIKEL TERKAIT


DOWNLOAD ARTIKEL INI DISINI


ANDRAS ANGYAL
Lahir di Hungaria tahun 1902 dan meninggal tahun 1960

Andras Angyal adalah seorang psikiater Amerika, yang dikenal untuk model holistik untuk teori kepribadian

Angyal berpendapat biosfer dipandang sebagai sistem dari sistem saling sedemikian rupa sehingga setiap diberikan sub-sistem dari biosfer adalah baik wadah sistem yang lebih rendah dan mengandung sistem yang lebih besar atau sistem. Interaksi dari sistem saling menciptakan ketegangan yang menimbulkan energi, yang tersedia untuk kepribadian. Selain itu, Angyal juga mempelajari tentang persepsi, lalu meneliti schizofrenia secara psikologis dan fisiologis, termasuk secara intensif meneliti beberapa pasien schizofrenia. Dan untuk biosfer secara keseluruhan ditandai dengan polaritas mendasar yang menimbulkan energi yang paling mendasar. Polaritas ini timbul dari kenyataan bahwa lingkungan menarik dalam satu arah dan organisme yang lain.

Menurut Angyal ini menarik namun mendasar menentang dari biosfer, ia telah memberikan nama-nama otonomi dan homonomy, masing-masing. Otonomi adalah tiang relatif egoistik dari biosfer: itu merupakan kecenderungan untuk memajukan kepentingan seseorang dengan menguasai lingkungan, dengan menegaskan diri sendiri, sehingga untuk berbicara, sebagai makhluk yang terpisah. Homonomy adalah relatif 'tanpa pamrih' tiang biosphpere: itu adalah kecenderungan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan sukarela menundukkan diri kepada sesuatu yang orang pikir sesuatu yang lebih besar dari diri individu. Di tempat otonomi kata dan homonomy, Angyal juga menggunakan istilah menentukan nasib sendiri dan penyerahan diri untuk menggambarkan tren yang berlawanan namun co-operasi arah dari biosfer, dan dia telah felicitously menyimpulkan hubungan individu untuk mereka dengan ucapan itu, "yang comports manusia sendiri seolah-olah ia adalah seluruh perintah menengah.

Minat pertamanya adalah mengenai persepsi, lalu meneliti schizofrenia secara psikologis dan fisiologis, termasuk secara intensif meneliti beberapa pasien schizofrenia. Dalam penelitian itu dia menemukan simptom yang disebut sebagai “somatic delusions”. Dalam teori kepribadiannya, yang digunakan Angyal adalah konsep-konsep psiko-fisik yang netral, yang dapat diterapkan kedalam semua aspek dan tingkatan fungsi kepribadian. Angyal melihat keadaan mental sebagai suatu simbol yang memantulkan hanya sebagian dari keseluruhan proses hidup, karena itu yang tidak kelihatan masih jauh lebih banyak, yang tak disadari jauh lebih besar dari pada yang disadari. Dalam interaksi antara individu dengan dunia luar ada dua kepentingan yang bermain di dalamnya, yaitu outonomi dan homonomi, yang disebut juga “mastery” dan “love”. Di satu pihak individu berusaha untuk mengontrol lingkungan sekitarnya, tapi di pihak lain individu juga mau menjaga keharmonisannya dengan dunia sekitarnya atau sesuatu yang lebih besar dari dirinya, seperti kelompok sosial, dunia sekitar, dan universalitas alam semesta. Perhelatan antar otonomi dan homonomi terjadi sepanjang hidup, tapi salah satu selalu dominan, dan hal ini nampak dalam perilaku individu setiap hari.
Mengenai neurosis, Angyal berpendapat bahwa neurosis bukanlah sesuatu yang berbahaya, atau penyakit mental yang tidak baik bagi kesehatan organisme. Neurosis adalah bagian dari hidup, dan termasuk di dalam dinamika suatu kehidupan. Sebagai contoh, struktur kepribadian organisme dibangun untuk dapat mengatasi isolasi total dari dunia, yang menampilkan kesadaran dalam bentuk kegelisahan / kekuatiran. Isolasi dialami oleh setiap anak dalam proses perkembangan menuju individuasi, pertumbuhan menuju perubahan, namun isolasi yang dialami anak tersebut dapat diatasi dengan membangun relasi dengan dunia sekitarnya (penguasaan lingkungan) dan afeksi. Kesulitan mengatasi isolasi diri ini paling berat terjadi pada masa sebelum remaja, di mana ada perjuangan anak untuk mempertahankan otonominya.


Liberty Aries

Tidak ada komentar:

Posting Komentar