5 Maret 2012

Kolonel Sanders (Pendiri KFC)


kolonel Harland Sanders, lahir pada tanggal 9 september 1890. Dan mulai aktif dalam mencoba bisnis ayambya pada usia 65 tahun. saat ini, usahanya yang dikenal dengan Kentucky Fried Chicken atau KFC telah tumbuh merambah menjadi salah satu yang terbesar dalam sistem masakan siap saji di dunia. tapi sebelum menuai kesuksesannya, selama 9 tahun, Kolonel Sanders berusaha menyempurnakan metode memasak ayam dengan menggunakan sebelas bumbu dan rempah-rempah seperti yang kita kenal saat ini. dengan resep masakan itu, daging ayam menjadi sangat empuk, renyah dan gurih. beliau juga menggunakan pressure cooker yang lebih cepat memasak ayam daripada penggorengan biasa dan meningkatkan cita rasanya, sehingga saat ini kita mengenal istilah restoran cepat saji atau fast food karena kecepatan memasak ayam dan kelezatan rasanya.

pada tahun 1952, Kolonel Sanders menjual semua propertinya untuk berkeliling dari kota ke kota dan dari restoran ke restoran untuk menawarkan resepnya. sebagai mantan koki, beliau percaya bahwa resepnya akan diminati banyak restoran dan mau diajak bekerjasama ubtuk membuka usaha waralaba dengan menggunakan lisensinya. sayangnya lebih dari 1000 restoran menolak resep yang ditawarkannya, tapi dia tidak menyerah begitu saja dan terus berkeliling sampai tiba di restoran ke 1008 yang mau membelinya dan mengembangkan usaha waralaba yang diberi nama KFC.

KFC berkembang pesat. Kini, lebih dari satu miliar ayam goreng hasil resep Kolonel ini dinikmati setiap tahunnya, bukan hanya di Amerika Utara, bahkan tersedia hampir di 80 negara di seluruh dunia. Tapi Kolonel Sanders tidak lagi bisa menyaksikannya. Pada 1980, di usia 90 tahun, ia terserang leukemia. beliau meninggal seusai melakukan perjalanan 250.000 mil dalam satu tahun kunjungannya ke restoran KFC di seluruh dunia.

semua ini berkat keuletan, kerja keras dan daya juang sang Kolonel yang tidak mau menyerah dan tidak kenal lelah. apakah kita yang masih muda bisa meneladani semangat juang kakek Sanders??

Inilah kisah kegigihan Kolonel Sanders, pendiri waralaba ayam goreng terkenal KFC. Dia memulainya di usia 66 tahun. Pensiunan angkatan darat Amerika ini tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis. Namun dia memiliki keahlian dalam memasak dan menawarkan resep masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di negaranya.



Umur bukan batasan untuk Sukses !
Saat melintasi outlet Kentucky Fried Chicken (KFC) di kota Anda, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Saya yakin Anda iri dengan kesuksesan pemiliknya.

Lantas akan timbul beberapa pertanyaan; bagaimana bisa pemilik KFC mengembangkan usahanya hingga begitu besar? Bahkan jumlah outletnya di 80 negara tak kurang dari 6.000?

Bagaimana bisa?

.............Jika Anda iri pada pemilik KFC, Anda juga harus tahu bagaimana Harland Sanders, pemilik KFC, membangun kerajaan bisnisnya.
Jika anda berpikir Sanders terlahir menjadi orang kaya, Anda keliru. Sanders sama seperti kita, terlahir sebagai orang biasa, kecerdikan dan kerja kerasnya lah yang membuatnya beda.

Sanders lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana dari keluarga sederhana. Saat usianya baru enam tahu ayahnya meninggal. Keadaan itu memaksa ibunya bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Saat ibunya bekerja Sanders bertugas mengasuh adiknya di rumah. Ia juga bertugas menyiapkan makanan, meski usianya baru 6 tahun. Namun saat itu ia mulai menguasai beberapa resep masakan daerah. Keahliannya memasak inilah yang suatu saat membuatnya berpikir untuk membuka rumah makan.

Berikut Cerita singkat kesuksesan Kolonel Sanders
............Kisah kerja keras dan kegigihan Kolonel Sanders, menjadikan usaha ayam gorengnya sukses dan terkenal yaitu KFC. Dia memulai kesuksessan ini di usia 66 tahun. Pensiunan angkatan darat Amerika ini tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis. Namun dia memiliki keahlian dalam memasak dan menawarkan resep masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di negaranya.

Kolonel Harland Sanders adalah pelopor Kentucky Fried Chicken atau KFC yang telah tumbuh menjadi salah satu yang terbesar dalam industri waralaba makanan siap saji di dunia.

Sosok Kolonel Sanders, bahkan kini menjadi simbol dari semangat sukses kewirausahaan. Dia lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana, namun baru mulai aktif dalam mewaralabakan bisnis ayamnya di usia 65 tahun. Di usia 6 tahun, ayahnya meninggal dan Ibunya sudah tidak mampu bekerja lagi sehingga Harland muda harus menjaga adik laki-lakinya yang baru berumur 3 tahun.

Dengan kondisi ini ia harus memasak untuk keluarganya. Di masa ini dia sudah mulai menunjukkan kebolehannya.

..............Pada umur 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak. Pada usia 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan pertamanya didekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Ketika berumur 12 tahun ibunya kembali menikah, sehingga ia meninggalkan rumah tempat tinggalnya untuk mendapatkan pekerjaan di pertanian di daerah Greenwood, Indiana.

Selepas itu, ia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun.

Pertama, sebagai tukang parkir di usia 15 tahun di New Albany, Indiana dan kemudian menjadi tentara yang dikirim selama 6 bulan ke Kuba. Setelah itu ia menjadi petugas pemadam kebakaran, belajar ilmu hukum melalui korespondensi, praktik dalam pengadilan, asuransi, operator kapal feri, penjual ban, dan operator bengkel.

Di usia 40 tahun, Kolonel ini mulai memasak untuk orang yang bepergian yang singgah di bengkelnya di Corbin. Kolonel Sanders belum punya restoran pada saat itu. Ia menyajikan makanannya di ruang makan di bengkel tersebut. Karena semakin banyak orang yang datang ke tempatnya untuk makan, akhirnya ia pindah ke seberang jalan dekat penginapan dan restoran bisa menampung 142 orang.

Selama hampir 9 tahun ia menggunakan resep yang dibuatnya dengan teknik dasar memasak hingga saat ini. Citra Sander semakin baik.

Gubernur Ruby Laffoon memberi penghargaan Kentucky Colonel pada tahun 1935 atas kontribusinya bagi negara bagian Cuisine. Dan pada tahun 1939, keberadaannya pertama kali terdaftar di Duncan Hines “Adventures in Good Eating.”

Apa yang anda petik dari cerita ini ?

Coba bayangkan jika saja Kolonel Sanders, berhenti melakukan penawaran! mungkin stop pada penawaran yang ke-100 atau ke-200 atau ke-999 kali, tentunya saat ini dunia tidak akan pernah mencicipi gurihnya gorengan ayam ala KFC, dan akibat buruknya Kolonel Sanders dan keluargannya tidak akan pernah memiliki Royalti (Pasif Income) Uang datang sendiri !

Pesan:
..............Nah, jika Anda benar iri pada Sanders, saatnya anda mengikuti jejaknya. Saat pertama kali membangun usahanya Sanders sendiri tak pernah menyangka usahanya akan berkembang seperti saat ini. Awalnya dia seperti Anda, ragu dan tidak percaya diri. Sekarang saatnya Anda seperti dia, karena Anda juga bisa.

Terlebih kalau Anda menggunakan internet. Tidak peduli tua atau muda, mulai sekarang Anda semua bisa menggunakan internet sebagai alat pemasaran usaha Anda. Saya telah membuktikannya. Dengan internet, omset bisnis saya meningkat berkali-kali lipat. @

Tidak ada komentar:

Posting Komentar