5 Maret 2012

Jeff Bezos (Pendiri Amazone.com)

Siapa yang tahu, bahwa bisnis toko online yang dimulainya dari garasi berkembang menjadi salah satu bisnis paling berpengaruh di kancah perdagangan atau perniagaan. Keberhasilan inilah yang mengantarkan Jeff Bezos menjadi kandidat orang terkaya di dunia.
Jeffrey Preston Bezos (lahir di Albuquerque, New Mexico, 12 Januari 1964, umur 48 tahun) adalah pendiri, direktur utama, CEO, dan ketua dewan direktur Amazon.com. Lulusan Universitas Princeton, Bezos sudah pernah menjadi anggota Phi Beta Kappa, dan bekerja sebagai analis keuangan untuk D. E. Shaw & Co. sebelum mendirikan Amazon.com pada tahun 1994. Ia pernah dipilih sebagai Person of the Year oleh majalah TIME.
Biografi
..............Nenek moyang Bezos adalah orang Texas yang secara turun temurun memiliki peternakan seluas 101 km² di Cotulla. Kakeknya adalah direktur regional Komisi Energi Atom Amerika Serikat di Albuquerque yang minta pensiun lebih awal untuk bekerja di peternakan. Di masa remaja, Bezos sering menghabiskan musim panas bersama kakeknya. Sejak kecil, Bezos sudah memperlihatkan bakatnya di bidang mekanik. Bezos balita pernah mencoba membongkar sendiri tempat tidur miliknya dengan obeng.
Bezos dilahirkan ketika ibunya yang bernama Jackie Bezos masih berusia belasan tahun. Pernikahan ayah dan ibunya hanya bertahan setahun lebih. Ibunya menikah kembali ketika Bezos masih berusia 5 tahun. Ayah tiri Bezos yang bernama Miguel Bezos adalah imigran asal Kuba. Miguel Bezos datang sendirian ke AS sewaktu masih berusia 15 tahun hingga akhirnya diterima di Universitas Albuquerque. Keluarga Bezos pindah ke Houston, Texas, dan Miguel Bezos bekerja sebanyak insiyur di Exxon. Kelas 4 hingga kelas 6 dilewatkan Bezos kecil di Sekolah Dasar River Oaks Elementary, Houston.
Bezos menunjukkan minatnya pada bidang ilmu sejak masih muda. Ia mengutak-utik alarm listrik supaya sang adik tidak masuk ke kamarnya. Garasi orang tua juga dijadikannya laboratorium untuk eksperimen ilmiah. Setelah orang tuanya pindah ke Miami, Florida, Bezos melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas Miami Palmetto. Ketika diterima di Universitas Princeton, Bezos ingin mengambil jurusan fisika, tapi berubah pikiran dan mendalami komputer hingga lulus dengan gelar di bidang ilmu komputer dan teknik listrik.

...............Dia sebelumnya telah melakukan penelitian dengan membuat daftar 20 perusahaan mail-order teratas dan mengamati bahwa tidak ada penerbit buku yang memiliki mail-order karena membuat katalog yang komprehensif akan memerlukan ribuan halaman dan akan memakan budjet besar jika melakukan penawaran lewat email.



Karier

Setelah lulus dari Princeton, Bezos mendapat pekerjaan di Wall Street yang berhubungan dengan komputer. Jaringan komputer dibangunnya di sebuah gedung yang dijadikan pusat perdagangan internasional oleh perusahaan bernama Fitel. Selanjutnya Bezos bekerja untuk D. E. Shaw & Co..


Pada tahun 1994 Bezos mendirikan situs web Amazon.com. Model bisnis Amazon.com dirancangnya sewaktu mengendarai mobil dari New York ke Seattle. Kantor Amazon.com yang pertama adalah garasi rumah Bezos. Situs web Amazon.com yang didirikan Bezos membawanya sebagai salah seorang pengusaha sukses era dot-com. Pada tahun 2004, Bezos mendirikan perusahaan bernamaBlue Origin yang bergerak di bidang penerbangan sipil angkasa luar.

Perkiraan kekayaan
Sebagian besar kekayaan Bezos berasal dari kepemilikan saham di Amazon.com. Pada tahun 1998, Bezos memiliki 41 persen saham Amazon.com, tapi jumlahnya berkurang menjadi tinggal 24,26 persen (sekitar 100 juta lembar saham) pada tahun 2006. Gajinya tidak pernah naik sejak tahun 1998, besarnya AS$81.840 per tahun ditambah tunjangan sebesar AS$1,1 juta. Walaupun demikian, Bezos masih masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia.
 1999 – AS$10,1 miliar, peringkat 19
 2000 – AS$6,0 miliar, peringkat 23
 2001 – AS$2,0 miliar, peringkat 234
 2002 – AS$1,5 miliar, peringkat 293
 2003 – AS$2,5 miliar, peringkat 147
 2004 – AS$5,1 miliar, peringkat 82
 2005 – AS$4,8 miliar, peringkat 41
 2006 – AS$4,3 miliar, peringkat 147
 2007 – AS$8,7 miliar, peringkat 35


Jeff Bezos Mengagumi Walt Disney

..............Rekan kerja dan saksi hidup riwayat Amazon.com menyebut Bezos sebagai seorang visioner yang serius tapi santai. Meskipun santai, dia tetap tegas terhadap karyawannya. Menurut mereka, Bezos selalu menuntut penyelesaian yang cepat untuk sebuah proyek. Dia juga secara rutin menggelar rapat manajemen mingguan selama 4 jam untuk mendapatkan laporan produk baru, harga, dan menghimpun pertanyaan dari beberapa CEO.
Untuk mendorong ide-ide baru, Bezos mendirikan program ‘Just Do It’ sebagai sebuah reward bagi karyawannya yang kreatif memberikan ide bagi perusahaan tanpa terlebih dulu meminta ijin dari atasannya. Cara ini setidaknya sangat efektif bagi Amazon.com dalam melakukan perubahan-perubahan layanan lebih baik lagi. Tak heran, dari awal pendiriannya sebagai ‘toko’ buku, Amazon.com saat ini juga telah menjual beberapa produk, seperti DVD, perangkat elektronik, rumah tangga, olahraga, dan sebagainya.
Apa kunci sukses Bezos dalam mengembangkan bisnis ini? Rupanya Bezos termasuk tipikal pemimpin perusahaan yang percaya pada manfaat berkomunikasi dengan pelanggan dan mendengarkan ide-ide mereka untuk ekspansi bisnis selanjutnya. Makanya, lewat situs Amazon.com, pelanggan didorong untuk merekomendasikan buku-buku favorit mereka dan produk melalui resensi, dan disusun dalam daftar item favorit mereka.
Ketika ditanya siapakah pahlawan yang paling dipujanya, Bezos menyebut Walt Disney di samping Thomas Alfa Edison. Kekagumannya terhadap Disney dia wujudkan dengan mengunjungi Disney World beberapa kali dan mengaku sangat terkesan dengan visi kuat Disney. “Dia sangat tahu persis dengan apa yang ingin dia bangun dan bergabung dengan sekelompok orang-orang pintar dalam membangunnya,” ujar pria yang dianugerahi gelar doktoral dalam bidang Iptek dari Carnegie Mellon University pada tahun lalu ini.

2 komentar: